Konflik Rusia Vs Ukraina

Jelang Referendum, 30.000 Warga Zaporizhzhia Ajukan Kerwarganegaraan Rusia

Rusia mengklaim lebih dari 30.000 orang telah mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia di wilayah Zaporizhzhia atau Zaporozhye.

Editor: Hendra Gunawan
CNN
Ilustrasi wilayah Ukraina 

TRIBUNNEWS.COM – Rusia mengklaim lebih dari 30.000 orang telah mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia di wilayah Zaporizhzhia atau Zaporozhye.

Zaporizhzhia merupakan wilayah yang telah dikuasai oleh Rusia pada awal-awal Moskow melakukan invasi ke Ukraina dan diklaim segera melakukan referendum.

Yevgeny Balitsky, Kepala Administrasi Sipil dan Militer wilayah tersebut pada Senin (15/8/2022) mengatakan, semakin banyak warga setempat mengajukan jadi warga Rusia setelah wilayah tersebut dikuasai oleh Moskow.

"Semakin banyak penduduk wilayah Zaporizhzhia mengajukan permohonan kewarganegaraan Rusia. Sampai hari ini, lebih dari 30.000 aplikasi dengan paket lengkap dokumen yang diperlukan sedang dipertimbangkan di pusat penerbitan paspor.

Baca juga: Wali Kota Enerhodar Peringatkan Risiko Bencana di PLTN Zaporizhzhia Setiap Hari Meningkat

Pada tahap ini, kami terus bekerja pada mekanisme untuk mengatasi masalah tertentu. kasus-kasus ketika prosedur penerbitan paspor tertunda," tulis Balitsky di saluran Telegram-nya.

Menurut Balitsky, 12 kantor menerima dokumen untuk penerbitan paspor: tiga di Melitopol, dua di Berdyansk, satu di Akimovka, satu di Priazovye, satu di Tokmak, satu di Mikhailova, satu di Dneproprudny, satu di Energodar, dan satu di Kamenka.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada 25 Mei menandatangani dekrit untuk menyederhanakan prosedur penerbitan paspor Rusia bagi orang-orang yang tinggal di wilayah Zaporizhzhia dan Kherson Ukraina.

Referendum

Yevgeny Balitsky sebelumnya menyebutkan bahwa wilayah tersebut akan melakukan referendum untuk bergabung dengan Rusia.

Zaporizhzhia merupakan sebuah kota yang letaknya berada di bagian tengah Ukraina, tepatnya di Oblast Zaporizhzhia.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved