HUT Kemerdekaan RI

Vladimir Putin dan Joe Biden Sampaikan Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan  ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia.

Editor: Hasanudin Aco
Kolase Foto Tribunnews
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan  ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia pada Rabu (17/8/2022).

Ucapan itu disampaikan Joe Biden melalui surat yang tertera di laman resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Jakarta.

"Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia saat Anda merayakan kemerdekaan bangsa Anda pada 17 Agustus," tulis Biden.

Sementara Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin mengirim telegram ucapan selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Vladimir Putin menggarisbawahi bahwa Rusia dan Indonesia adalah dua negara sahabat yang menjalankan hubungan konstruktif. Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Moskow beberapa waktu yang lalu sepenuhnya membenarkan hal ini," demikian dikutip Tribunnews.com dari twitter Kedubes Rusia @RusEmbJakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka

Vladimir Putin mengharapkan kepada Presiden Joko Widodo kesehatan baik dan kesuksesan, serta kepada semua Warga Negara Indonesia  kebahagiaan dan kemakmuran.

Joe Biden Sebut Kesamaan AS dengan Indonesia

Joe Biden menekankan persamaan semboyan Indonesia dan Amerika Serikat yang mengutamakan persatuan.

Jika Indonesia memiliki semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" dengan arti, walau berbeda-beda, tetapi tetap satu, Amerika Serikat punya motto "E Pluribus Unum" dengan makna serupa.

"Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan tonggak sejarah ini, di tengah sejarah panjang dan bersama, yang dibangun di atas visi tersebut," kata Biden.

"Saya menantikan semua yang akan dilakukan kedua negara kita, bersama, untuk memajukan komitmen kita terhadap demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, makmur, tangguh dan langgeng," imbuh Joe Biden.

Di akhir suratnya, Biden menegaskan Amerika Serikat ikut merayakan momen ini sebagai "teman dan mitra strategis."

Sejumlah negara juga terpantau mengucapkan selamat kepada Indonesia melalui duta besar mereka, seperti Ukraina dan China.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved