7 Tahun Berdirinya Kelompok Yakuza Jepang Kobe Yamaguchigumi, Ketegangan Antar Geng Masih Terjadi

Akhir Agustus 2022 ini tepat 7 tahun berdirinya kelompok Kobe Yamaguchigumi. Sampai saat ini ketegangan antar gengster Jepang masih saja terjadi.

Editor: Dewi Agustina
Foto Shinchosa
Surat ekskomunikasi dari Kunio Inoue Ketua Kobe Yamaguchigumi (kanan) dan Kunio Inoue (kiri). Akhir Agustus 2022 ini tepat 7 tahun berdirinya kelompok baru yakuza pecahan Yamaguchigumi, yaitu Kobe Yamaguchigumi (KY). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Akhir Agustus 2022 ini tepat 7 tahun berdirinya kelompok baru yakuza pecahan Yamaguchigumi, yaitu Kobe Yamaguchigumi (KY).

Dan sampai saat ini perang serta ketegangan antar gengster Jepang itu masih juga terjadi.

Boss Kunio Inoue (73), pemimpin KY mengajukan perubahan susunan personalia KY dan meminta Satoru Takegaki, mantan ketua Giryuukai yang berafiliasi dengan Yamaguchi-gumi (dulu), untuk menjelaskan perubahan personel dalam sebuah pertemuan baru-baru ini.

Hitoshi Takemoto, ketua Hyakuhachi Ryukai, menjabat sebagai Asisten Wakagashira KY, dan Yoshihiro Tamaki (Oyadomari), kepala Furukawa-gumi ke-4, secara langsung menghadiri pertemuan tersebut.

Baca juga: Anggota Yakuza Jepang Menyerahkan Diri ke Polisi Usai Tusuk Manajer Warnet Hingga Tewas

Yutaka Okada, ketua Saiko-kai, ditunjuk sebagai ketua, dan Keisuke Kojima, Nakano-gumi generasi kedua, ditunjuk sebagai asisten kepala.

Masami Nakano, pemimpin Nakano-gumi pertama, menjabat sebagai pemimpin langsung (Wakanaka) Yamaguchi-gumi dari generasi ke-4 hingga generasi ke-6, dan pensiun pada tahun 2008 dan grup tersebut dibubarkan.

"Setelah itu, Kojima bergabung dengan Kobe Yamaguchi-gumi ketika dia berhasil menyandang nama generasi kedua," ungkap Takegaki.

"Pada bulan Juni tahun ini, Asisten Nakamura Ishimatsu Wakagashira (66 tahun, generasi ke-3 pemimpin Furukawa-gumi) meninggal karena kanker. Namun Tamaki, yang mewarisi Furukawa-gumi, dibesarkan secara langsung. Saya pikir dia akan dipromosikan menjadi asisten wakagashira sebagai gantinya," tambahnya.

Shinobu Tsukasa (kaca mata hitam bertopi), bos generai ke-6 Yamaguchi-gumi, kelompok yakuza terbesar di Jepang.
Shinobu Tsukasa (kaca mata hitam bertopi), bos generai ke-6 Yamaguchi-gumi, kelompok yakuza terbesar di Jepang. (Istimewa)

Di sisi lain, mengenai Kobe Yamaguchi-gumi, perlakuan terhadap No. 2 Osamu Teraoka (Presiden Kyoyukai) telah menjadi topik hangat.

"Dari sekitar waktu Teraoka Wakagashira tidak muncul di upacara peringatan untuk Asisten Nakamura Wakagashira pada hari ke-49, ada desas-desus tentang pengunduran dirinya."

"Pada awal Kobe Yamaguchi-gumi, Teraoka Wakagashira, yang telah mendukung Inoue di tengah, berada di tengah. Baru-baru ini, dia telah beralih ke faksi yang mempromosikan pembubaran, dan karena alasan itu, dia mencoba membujuk bos Inoue melalui organisasi eksternal, tetapi akhirnya tidak berhasil."

Wakato Teraoka sebelumnya menderita infark serebral, dan baru-baru ini dirawat di rumah sakit karena penyakit yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Baca juga: AS Tangkap Bos Yakuza Jepang atas Tuduhan Perdagangan Narkoba dan Rudal

Tidak aneh jika upaya bujukan itu saat menderita sakit justru membebani tubuh secara berlebihan.

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved