Konflik Rusia Vs Ukraina

UPDATE Perang Rusia Vs Ukraina Hari ke-185: Zelensky Sebut Situasi PLTN Zaporizhzhia Sangat Berisiko

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan situasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia tetap "sangat berisiko".

HANDOUT / UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS SERVICE / AFP
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis oleh layanan pers kepresidenan Ukraina pada 5 Juni 2022, menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan) mengunjungi posisi garis depan militer Ukraina selama perjalanan kerja ke wilayah Zaporizhzhia. - Perang Rusia dan Ukraina memasuki hari ke-185 pada Sabtu (27/8/2022). Diketahui, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan situasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia tetap "sangat berisiko". 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini serangkaian peristiwa perang Rusia- Ukraina yang memasuki hari ke-185 pada Sabtu (27/8/2022).

Diketahui, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan situasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia tetap "sangat berisiko".

Diketahui, dua dari enam reaktornya terhubung kembali ke jaringan menyusul penembakan yang menyebabkan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa terputus untuk pertama kalinya dalam sejarahnya.

“Izinkan saya menekankan bahwa situasinya tetap sangat berisiko dan berbahaya,” katanya dalam pidato malam regulernya pada hari Jumat (26/8/2022).

Zelensky memuji para ahli Ukraina yang bekerja untuk “mencegah skenario terburuk.”

Warga di dekat pabrik Zaporizhzhia dilaporkan telah diberikan tablet yodium, di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa pertempuran di sekitar kompleks dapat memicu bencana.

Baca juga: Enam Bulan Perang Rusia-Ukraina: Zelensky Waspada Jelang Hari Kemerdekaan

Berikut Tribunnews.com rangkum serangkaian peristiwa yang terjadi selama perang Rusia di Ukraina, seperti dikutip The Guardian.

Bencana radiasi

Zelensky mengatakan dunia nyaris terhindar dari "bencana radiasi" pada Kamis (25/8/2022), ketika listrik ke pabrik Zaporizhzhia terputus selama berjam-jam setelah kebakaran terjadi di sekitar kompleks yang diduduki Rusia di tenggara Ukraina.

Tim pengawas PBB kunjungi Zaporizhzhia

Sebuah tim inspektur dari pengawas nuklir PBB siap untuk melakukan kunjungan darurat ke pabrik Zaporizhzhia, menurut laporan.

Sumber mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa "hampir pasti" bahwa misi dari Badan Energi Atom Internasional akan mengunjungi pabrik awal minggu depan, meskipun rinciannya masih diselesaikan.

Evakuasi warga sipil garis depan perang

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk, telah mengumumkan rencana untuk memperluas evakuasi wajib bagi warga sipil yang tinggal di garis depan perang.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved