Banjir Bandang di Pakistan

Kanada Beri Bantuan Kemanusiaan Sebesar 5 Juta Dolar AS Untuk Korban Banjir Pakistan

Kanada akan memberikan bantuan darurat termasuk makanan dan bantuan uang tunai kepada korban banjir di Pakistan

Al Jazeera
Orang-orang berjalan di jalan yang rusak akibat banjir di Madian di Lembah Swat, Pakistan. [Abdul Majeed/AFP] 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, OTTAWA – Pemerintah federal melalui Global Affairs Canada memberikan bantuan sebesar 5 juta dolar AS untuk membantu meningkatkan respon kemanusiaan terhadap banjir di Pakistan.

"Kanada akan memberikan bantuan darurat termasuk makanan dan bantuan uang tunai kepada korban banjir di Pakistan,” kata Global Affairs Canada.

Dikutip dari Global News, Selasa (30/8/2022), pemerintah federal juga mengeluarkan peringatan perjalanan bagi warganya yang mengunjungi Pakistan, menyarankan para pelancong untuk berhati-hati.

Baca juga: Tewaskan 1.000 Orang, Kerugian Akibat Banjir Bandang di Pakistan Mencapai 10 Miliar Dolar AS

Pada hari Minggu (28/8), para pejabat Pakistan mengatakan jumlah korban tewas akibat banjir sejak pertengahan Juni telah mencapai 1.000 orang, yang oleh pejabat negara itu digambarkan sebagai “bencana iklim yang serius dan menjadi yang terburuk dalam dekade ini,”

Dalam sebuah pernyataan, menteri pembangunan internasional Kanada, Harjit Sajjan mengatakan bahwa dunia perlu mendukung orang-orang yang terkena dampak banjir di Pakistan.

“Kanada akan berada di sana untuk mendukung rakyat Pakistan di hari-hari dan minggu-minggu mendatang saat mereka menghadapi banjir yang menghancurkan ini,” kata Sajjan.

“Ini adalah bagian dari respons awal kami untuk mendukung kebutuhan darurat kemanusiaan, dan kami akan terus mencari cara untuk mendukung mereka yang terkena dampak selama masa-masa sulit ini.” imbuhnya.

Global Affairs Canada menyatakan bahwa dana bantuan sebesar 5 juta dolar AS untuk penanganan bencana banjir di Pakistan, akan disalurkan dalam waktu dekat ini.

"Kanada akan terus bekerja dengan mitranya di lapangan untuk menyediakan makanan, air bersih, dan layanan penting," kata Global Affairs Canada.

“Kanada berdiri bersama rakyat Pakistan saat mereka menghadapi bencana banjir. Kami akan terus memantau situasi dengan cermat untuk memastikan bahwa mereka mampu melewati musibah ini.” tambahnya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved