Ratu Elizabeth II Meninggal

Ratu Elizabeth II Meninggal pada Usia 96: Sempat Mengalami Sederet Masalah Kesehatan

Sang Ratu telah mengalami sakit punggung selama bertahun-tahun dan menjalani operasi lutut pada 2000-an.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Erik S
AFP/BEN STANSALL
Anggota masyarakat berhenti di tengah hujan untuk mempelajari gambar besar Ratu Elizabeth II Inggris yang ditampilkan di Piccadilly Circus di pusat kota London pada 8 September 2022, setelah pengumuman kematian Ratu Elizabeth II, di pusat kota London. - Ratu Elizabeth II, raja terlama dalam sejarah Inggris dan ikon yang langsung dikenal oleh miliaran orang di seluruh dunia, telah meninggal pada usia 96, Istana Buckingham mengatakan pada hari Kamis. (Photo by Ben Stansall / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96 tahun, setelah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun.

Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Skotlandia pada 8 September 2022.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Mangkat, Masa Mudanya Dibentuk Saat Perang, Pernah Jadi Montir Kendaraan Militer

"Ini adalah hari paling menyedihkan di negara kita. Di hati kita masing-masing, ada rasa sakit atas meninggalnya Ratu kita, rasa kehilangan yang mendalam," kata mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari laman Healthline, Jumat (9/9/2022), Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu meninggal di kediaman musim panasnya, Kastil Balmoral di Skotlandia.

Saat masa kritisnya, para anggota keluarga kerajaan pun bergegas ke Skotlandia berada di sisinya pada momen-momen terakhirnya setelah kesehatannya kian 'memburuk'.

Kendati pemikian, penyebab kematian sang Ratu pun belum diumumkan.

Ratu Elizabeth II memiliki riwayat masalah kesehatan

Sang Ratu telah mengalami sakit punggung selama bertahun-tahun dan menjalani operasi lutut pada 2000-an.

Ia juga dirawat di rumah sakit selama satu malam pada Oktober 2021 terhadap apa yang disebut Istana Buckingham sebagai 'penyelidikan awal' terkait kondisi kesehatannya.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Wariskan Multikulturalisme untuk Negara Inggris  

Sang ratu juga mengalami masalah mobilitas periodik, ia pun menggunakan tongkat mendiang suaminya, Pangeran Philip sejak Oktober 2021.

Nenek dari Pangeran William ini bahkan harus melewatkan layanan di London untuk menghormati veteran Inggris yang gugur setelah punggungnya terkilir dan ia dirawat di rumah sakit selama satu malam untuk menjalani tes medis.

'Jauh lebih tipis dan lebih rapuh'

Pada 17 Februari lalu, ia terlihat membawa tongkat saat memberitahu para tamu di Kastil Windsor bahwa dirinya 'tidak bisa bergerak'.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved