Konflik Rusia Vs Ukraina

UPDATE Perang Rusia-Ukraina Hari ke-198: Blinken Sebut Perang Kyiv dan Moskow Berada di Momen Kritis

Menlu AS Antony Blinken mengatakan pada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, perang antara Rusia dan Kyiv berada di momen kritis.

Editor: Miftah
Genya SAVILOV / POOL / AFP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) menerima dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) sebuah Perintah Pangeran Yaroslav yang Bijaksana tingkat 2 selama pertemuan mereka di Kyiv pada 8 September 2022. Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada 8 September 2022 melakukan perjalanan kejutan ke Kyiv ketika Amerika Serikat meluncurkan hampir $2,7 miliar dukungan militer baru ke Ukraina dan tetangga untuk menghadapi Rusia. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini serangkaian peristiwa perang Rusia- Ukraina yang memasuki hari ke-198 pada Jumat (9/9/2022), dikutip dari The Guardian.

Momen kritis perang Rusia Ukraina

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa perang dengan Rusia berada dalam “momen kritis”.

Pernyataan tersebut dikeluarkan Blinken ketika Ukraina melanjutkan serangan balasannya di selatan negara itu.

"Kami tahu ini adalah momen penting, lebih dari enam bulan dalam perang agresi Rusia terhadap Ukraina, karena serangan balasan Anda sekarang sedang berlangsung dan terbukti efektif," kata Blinken, seperti dilaporkan
Associated Press.

Perjalanan Blinken ke Kyiv

Perjalanan mengejutkan Blinken ke Kyiv terjadi setelah AS meluncurkan hampir $2,7 miliar (£2,4 miliar) dalam dukungan militer baru ke Ukraina dan negara-negara Eropa lainnya yang terancam oleh Rusia.

Blinken melakukan perjalanan secara rahasia dalam perjalanan keduanya ke Kyiv sejak invasi Rusia dimulai pada bulan Februari.

Baca juga: Panglima Militer Ukraina Klaim Bertanggung Jawab atas Serangan di Semenanjung Krimea

Dia menyetujui $2 miliar dalam pembiayaan militer asing di bawah program di mana AS menawarkan pinjaman atau hibah kepada negara lain untuk membeli senjata yang diproduksi AS.

Jumlah itu merupakan tambahan dari bantuan militer senilai $675 juta yang diumumkan oleh Menteri Pertahanan, Lloyd Austin.

Bantuan tambahan itu juga termasuk lebih banyak senjata, amunisi, dan pasokan untuk roket Himars yang dipandu dengan presisi.

Polandia umumkan batasi akses Rusia

Polandia dan negara-negara Baltik mengumumkan untuk sementara waktu akan membatasi akses bagi warga Rusia yang memegang visa Uni Eropa.

Perdana Menteri Estonia, Latvia, Lithuania dan Polandia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah tersebut telah diambil untuk mengatasi "kebijakan publik dan ancaman keamanan" yang timbul dari "masuknya warga Rusia yang substansial dan terus meningkat" ke dalam UE.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved