Ratu Elizabeth II Meninggal

Daftar Tamu yang Bakal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, 500 Pejabat Negara Seluruh Dunia Diundang

Pemakaman Ratu Elizabeth II secara resmi dilakukan secara kenegaraan pada Senin, 19 September 2022.

AFP
Dilihat dari atas Wellington Arch, peti mati Ratu Elizabeth II dibawa di Royal Hearse ke Istana Buckingham di London pada 13 September 2022, setelah kematiannya pada 8 September. Peti mati Ratu Elizabeth II pada Selasa akan diterbangkan oleh Royal Air Force dari Edinburgh ke London, ditemani putri tunggal ratu Anne, Putri Kerajaan, dan diantar ke Istana Buckingham. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Pemakaman Ratu Elizabeth II secara resmi dilakukan secara kenegaraan pada Senin, 19 September 2022.

Pemakaman Ratu Elizabeth II merupakan pemakaman kenegaraan pertama di Inggris sejak masa kepemimpinan mantan Perdana Menteri (PM) Winston Churchill pada 1965.

Pemakaman Ratu Elizabeth II ini rencananya akan dihadiri oleh bangsawan dari Inggris dan luar negeri, politisi Inggris serta 500 kepala negara dari seluruh dunia.

Baca juga: Keistimewaan Peti Mati Kerajaan Ratu Elizabeth II

Prosesi dijadwalkan akan dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat, kebaktian akan diadakan di Westminster Abbey di London.

Perlu diketahui, didedikasikan pada tahun 960 Masehi, gereja bertingkat ini telah menjadi tuan rumah ratusan tonggak sejarah Kerajaan Inggris, termasuk pernikahan Pangeran William dan Kate Middletom pada April 2011, pasangan itu kini berganti gelar menjadi Prince of Wales dan Princess of Wales.

Sementara itu, mendiang Ratu sendiri dimahkotai di sana pada 1953.

Dikutip dari laman New York Post, Kamis (15/9/2022), layanan akan dimulai saat peti mati sang Ratu dibawa dari Westminster Hall, di mana ia akan dibaringkan di dalam biara selama 4 hari.

Baca juga: Raja Charles III Didampingi Pangeran Harry dan Meghan Markle Tunggu Peti Mati Ratu Elizabeth II

Prosesi singkat akan menampilkan Kereta Senjata Negara Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Begitu peti mati berada di dalam biara, kebaktian yang dipimpin oleh Dekan Westminster David Hoyle pun akan dihadiri oleh beberapa ratus tamu.

Meskipun tidak ada daftar tamu resmi yang dirilis, tokoh-tokoh inilah yang diprediksi akan hadir pada upacara pemakaman pada Senin mendatang.

Dilihat dari atas Wellington Arch, peti mati Ratu Elizabeth II dibawa di Royal Hearse ke Istana Buckingham di London pada 13 September 2022, setelah kematiannya pada 8 September - Peti mati Ratu Elizabeth II pada Selasa akan diterbangkan oleh Angkatan Udara Kerajaan dari Edinburgh ke London, ditemani oleh putri tunggal ratu Anne, Putri Kerajaan, dan diantar ke Istana Buckingham, untuk beristirahat di Ruang Busur. (Photo by Marco BERTORELLO / POOL / AFP)
Dilihat dari atas Wellington Arch, peti mati Ratu Elizabeth II dibawa di Royal Hearse ke Istana Buckingham di London pada 13 September 2022, setelah kematiannya pada 8 September - Peti mati Ratu Elizabeth II pada Selasa akan diterbangkan oleh Angkatan Udara Kerajaan dari Edinburgh ke London, ditemani oleh putri tunggal ratu Anne, Putri Kerajaan, dan diantar ke Istana Buckingham, untuk beristirahat di Ruang Busur. (Photo by Marco BERTORELLO / POOL / AFP) (AFP/MARCO BERTORELLO)

Anggota keluarga besar Ratu Elizabeth II telah memimpin negara itu dalam duka mereka.

Ini akan berlanjut pada Senin mendatang, saat sebagian besar keluarga Kerajaan Inggris diharapkan hadir.

Lalu inilah sederet pemimpin dunia yang diperkirakan hadir, meliputi:

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved