Berita Foto : 2 Juta Orang Diminta Mengungsi, Topan Nanmadol Terjang Jepang

Topan Nanmadol berkecepatan hingga 270 km/jam bergerak menerjang Jepang dan memaksa dua juta orang untuk mengungsi.

Penulis: Herudin
AFP/PHILIP FONG
Seorang pria berjalan dengan payung di bawah hujan lebat yang disebabkan oleh Topan Nanmadol, di distrik Ueno Tokyo pada 18 September 2022. (Photo by Philip FONG / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, JEPANG - Otoritas Jepang meminta dua juta lebih warga mengungsi karena ancaman Topan Nanmadol yang mulai bergerak mendekat pada Minggu 18 September 2022.

Gambar ini menunjukkan sepeda yang jatuh di tengah angin kencang saat Topan Nanmadol mendekati Izumi, prefektur Kagoshima pada 18 September 2022. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP)
Gambar ini menunjukkan sepeda yang jatuh di tengah angin kencang saat Topan Nanmadol mendekati Izumi, prefektur Kagoshima pada 18 September 2022. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP) (AFP/YUICHI YAMAZAKI)

Instruksi mengungsi tingkat empat, tertinggi kedua, diberlakukan untuk orang-orang di Kagoshima, Kumamoto, dan Miyazaki di wilayah Kyushu, Jepang selatan.

Pohon-pohon pinggir jalan tertiup angin kencang saat Topan Nanmadol mendekat di kota Kagoshima, selatan Kyushu, pada 18 September 2022. (Photo by JIJI PRESS / AFP) / Japan OUT
Pohon-pohon pinggir jalan tertiup angin kencang saat Topan Nanmadol mendekat di kota Kagoshima, selatan Kyushu, pada 18 September 2022. (Photo by JIJI PRESS / AFP) / Japan OUT (AFP/STR)

Pada Sabtu 17 September 2022 malam Topan Nanmadol digolongkan dalam kategori membahayakan berkecepatan hingga 270 km/jam dam melayang sekitar 200 km utara-timur laut pulau Minami Daito, bagian dari serangkaian pulau terpencil di Okinawa.

Gambar ini menunjukkan restoran yang tutup saat Topan Nanmadol mendekati Izumi, prefektur Kagoshima pada 18 September 2022. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP)
Gambar ini menunjukkan restoran yang tutup saat Topan Nanmadol mendekati Izumi, prefektur Kagoshima pada 18 September 2022. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP) (AFP/YUICHI YAMAZAKI)

Topan Nanmadol diperkirakan akan mendekati atau mendarat pada Minggu 18 September 2022 di prefektur Kagoshima, kemudian bergerak ke utara pada hari berikutnya lalu menuju pulau utama Jepang.

Gelombang tinggi dari pola cuaca yang dibawa oleh Topan Nanmadol menghantam garis pantai di Minamata, prefektur Kumamoto pada 18 September 2022. - Ribuan orang berada di tempat penampungan di barat daya Jepang pada 18 September saat Topan Nanmadol bergolak menuju wilayah tersebut, mendorong pihak berwenang untuk mendesak hampir tiga juta penduduk mengungsi. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP)
Gelombang tinggi dari pola cuaca yang dibawa oleh Topan Nanmadol menghantam garis pantai di Minamata, prefektur Kumamoto pada 18 September 2022. - Ribuan orang berada di tempat penampungan di barat daya Jepang pada 18 September saat Topan Nanmadol bergolak menuju wilayah tersebut, mendorong pihak berwenang untuk mendesak hampir tiga juta penduduk mengungsi. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP) (AFP/YUICHI YAMAZAKI)

Jepang saat ini sedang dalam musim topan dan menghadapi sekitar 20 badai seperti itu setiap tahun. Biasanya kondisi ini diiringi hujan lebat yang menyebabkan tanah longsor atau banjir bandang.

Warga bekerja di bawah hujan lebat yang disebabkan oleh Topan Nanmadol, di distrik Ueno Tokyo pada 18 September 2022. (Photo by Philip FONG / AFP)
Warga bekerja di bawah hujan lebat yang disebabkan oleh Topan Nanmadol, di distrik Ueno Tokyo pada 18 September 2022. (Photo by Philip FONG / AFP) (AFP/PHILIP FONG)
Penumpang berkumpul saat layanan kereta dihentikan karena Topan Nanmadol mendekati wilayah Kyushu, di stasiun Hakata Fukuoka pada 18 September 2022.
 (Photo by JIJI PRESS / AFP) / Japan OUT
Penumpang berkumpul saat layanan kereta dihentikan karena Topan Nanmadol mendekati wilayah Kyushu, di stasiun Hakata Fukuoka pada 18 September 2022. (Photo by JIJI PRESS / AFP) / Japan OUT (AFP/STR)

Lihat foto lainnya klik di sini : juta orang diminta mengungsi topan nanmadol terjang jepang

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved