Konflik Rusia Vs Ukraina

Wilayah Donbas, Kherson, dan Zaporizhia di Ukraina Memulai Referendum untuk Gabung Rusia

Empat wilayah di Ukraina yang dikuasai separatis pro-Kremlin dan diduduki pasukan Putin menggelar referendum untuk bergabung dengan Rusia.

via BBC.com
Peta Donetsk dan Luhansk (Donbass) - Empat wilayah di Ukraina yang dikuasai separatis pro-Kremlin dan diduduki pasukan Putin menggelar referendum untuk bergabung dengan Rusia. 

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah wilayah yang dikuasai separatis pro-Kremlin dan wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina telah memulai referendum untuk bergabung dengan Rusia.

Adapun referendum itu akan dilakukan oleh penduduk Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk (DPR dan LPR), serta sejumlah wilayah di Kherson dan Zaporizhia, di Ukraina.

Dilaporkan TASS, wilayah-wilayah ini akan memberikan suara mereka dalam referendum untuk bergabung dengan Rusia mulai 23 September hingga 27 September 2022. 

Isu menggelar referendum langsung dilontarkan awal pekan ini oleh kamar-kamar umum DPR dan LPR.

Pada Senin (19/9/2022), mereka mengajukan permintaan resmi kepada kepala republik mereka.

Tanggal referendum ditetapkan pada hari Selasa, dan legislatif lokal dengan suara bulat mengesahkan undang-undang referendum, sementara otoritas pemilihan menyetujui prosedur tersebut.

Baca juga: Setelah Pengumuman Mobilisasi Parsial, Seorang Tentara Cadangan Akui Buru-buru Tinggalkan Rusia

Pada Selasa (20/9/2022), penduduk wilayah Zaporozhye dan Kherson bergabung dengan inisiatif tersebut.

Menyusul hal ini, Presiden Vladimir Putin dalam pidatonya pada Rabu (21/9/2022) mengatakan Rusia akan mendukung keputusan yang dibuat selama referendum.

Teknis Referendum

Warga Kota Kherson memprotes militer Rusia setelah Rusia berhasil merebut kota tersebut dari Ukrraina.
Warga Kota Kherson memprotes militer Rusia setelah Rusia berhasil merebut kota tersebut dari Ukrraina. - Empat wilayah di Ukraina yang dikuasai separatis pro-Kremlin dan diduduki pasukan Putin menggelar referendum untuk bergabung dengan Rusia. (The Mirror/East2West News)

Masih menurut laporan media Rusia TASS, pemungutan suara secara langsung akan dilakukan secara eksklusif pada 27 September mendatang.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved