Berita Foto : Kontroversi Upacara Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe

Sebagian publik menentang pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang dianggap banyak menghabiskan uang negara.

Penulis: Herudin
AFP/PHILIP FONG
Orang-orang berkumpul untuk memprotes pemakaman kenegaraan mendiang perdana menteri Jepang Shinzo Abe, di depan stasiun Shinjuku Tokyo pada 19 September 2022. (Photo by Philip FONG / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Upacara kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang digelar pada Selasa 27 September 2022 mendapat penolakan dari sejumlah warga karena besarnya biaya yang dikeluarkan.

Para pengunjuk rasa memegang spanduk dengan gambar mendiang perdana menteri Jepang Shinzo Abe, menentang pendanaan pemerintah untuk pemakaman Abe ambil bagian dalam rapat umum dan pawai di Tokyo pada 19 September 2022. - Jepang mengharapkan untuk menghabiskan sekitar 12 juta USD untuk pemakaman kenegaraan pada 27 September untuk pembunuhan mantan perdana menteri Shinzo Abe, kata pemerintah pada 6 September, meskipun ada kontroversi mengenai rencana tersebut. (Photo by Richard A. Brooks / AFP)
Para pengunjuk rasa memegang spanduk dengan gambar mendiang perdana menteri Jepang Shinzo Abe, menentang pendanaan pemerintah untuk pemakaman Abe ambil bagian dalam rapat umum dan pawai di Tokyo pada 19 September 2022. - Jepang mengharapkan untuk menghabiskan sekitar 12 juta USD untuk pemakaman kenegaraan pada 27 September untuk pembunuhan mantan perdana menteri Shinzo Abe, kata pemerintah pada 6 September, meskipun ada kontroversi mengenai rencana tersebut. (Photo by Richard A. Brooks / AFP) (AFP/RICHARD A. BROOKS)

Biaya pemakaman kenegaraan Abe sebelumnya mencapai USD 11,5 juta atau setara dengan Rp 174 miliar namun kini menjadi USD 12 juta atau setara dengan Rp 181 miliar.

Petugas polisi dan anjing pekerja polisi berjaga di depan Nippon Budokan, tempat pemakaman kenegaraan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe pada 27 September, di Tokyo pada 26 September 2022. (Photo by Kazuhiro NOGI / AFP)
Petugas polisi dan anjing pekerja polisi berjaga di depan Nippon Budokan, tempat pemakaman kenegaraan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe pada 27 September, di Tokyo pada 26 September 2022. (Photo by Kazuhiro NOGI / AFP) (AFP/KAZUHIRO NOGI)

Pemakaman mewah yang didanai negara itu seperti menyiram bensin ke api memicu kemarahan dimana saat ini banyak warga Jepang yang menghadapi kesulitan ekonomi.

Seorang demonstran mengangkat plakat untuk memprotes pemakaman kenegaraan untuk mendiang perdana menteri Shinzo Abe di Tokyo pada 26 September 2022, satu hari sebelum pemakaman berlangsung di ibu kota negara itu. - Upacara untuk Abe, yang diadakan di Nippon Budokan di pusat Tokyo, diperkirakan menelan biaya setidaknya 1,7 miliar yen (12 juta USD). (Photo by Toshifumi KITAMURA / AFP)
Seorang demonstran mengangkat plakat untuk memprotes pemakaman kenegaraan untuk mendiang perdana menteri Shinzo Abe di Tokyo pada 26 September 2022, satu hari sebelum pemakaman berlangsung di ibu kota negara itu. - Upacara untuk Abe, yang diadakan di Nippon Budokan di pusat Tokyo, diperkirakan menelan biaya setidaknya 1,7 miliar yen (12 juta USD). (Photo by Toshifumi KITAMURA / AFP) (AFP/TOSHIFUMI KITAMURA)

Seorang laki-laki sebelumnya nekat membakar diri sebagai bentuk protes dan beberapa anggota parlemen oposisi memboikot pemakaman Abe.

Seorang petugas polisi dan petugas keamanan berjaga di luar Nippon Budokan di Tokyo pada 26 September 2022, menjelang pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP)
Seorang petugas polisi dan petugas keamanan berjaga di luar Nippon Budokan di Tokyo pada 26 September 2022, menjelang pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP) (AFP/YUICHI YAMAZAKI)

Acara pemakaman Abe akan dihadiri para pejabat asing, di antaranya Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Anggota tim penyelamat polisi berjalan melewati Nippon Budokan, tempat pemakaman kenegaraan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe pada 27 September, di Tokyo pada 26 September 2022. (Photo by Kazuhiro NOGI / AFP)
Anggota tim penyelamat polisi berjalan melewati Nippon Budokan, tempat pemakaman kenegaraan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe pada 27 September, di Tokyo pada 26 September 2022. (Photo by Kazuhiro NOGI / AFP) (AFP/KAZUHIRO NOGI)

Abe adalah mantan Perdana Menteri Jepang dengan masa jabatan paling lama yang tewas ditembak dalam kampanye pada Juli 2022. Tersangka dalam penembakan itu menuduh Abe telah mempromosikan Gereja Unifikasi, yang para kritikus menyebutnya aliran sesat karena pernikahan massal dan taktik penggalangan dana yang agresif.

Seorang pria mengangkat spanduk untuk memprotes pemakaman kenegaraan untuk mendiang perdana menteri Shinzo Abe ketika orang-orang berkumpul untuk berdemonstrasi di Tokyo pada 26 September 2022, satu hari sebelum pemakaman berlangsung di ibu kota negara itu. - Upacara untuk Abe, yang diadakan di Nippon Budokan di pusat Tokyo, diperkirakan menelan biaya setidaknya 1,7 miliar yen (12 juta USD). (Photo by Toshifumi KITAMURA / AFP)
Seorang pria mengangkat spanduk untuk memprotes pemakaman kenegaraan untuk mendiang perdana menteri Shinzo Abe ketika orang-orang berkumpul untuk berdemonstrasi di Tokyo pada 26 September 2022, satu hari sebelum pemakaman berlangsung di ibu kota negara itu. - Upacara untuk Abe, yang diadakan di Nippon Budokan di pusat Tokyo, diperkirakan menelan biaya setidaknya 1,7 miliar yen (12 juta USD). (Photo by Toshifumi KITAMURA / AFP) (AFP/TOSHIFUMI KITAMURA)
Orang-orang mengantri di sepanjang jalan dekat Nippon Budokan untuk meninggalkan bunga dan menandatangani buku belasungkawa menjelang pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo pada 27 September 2022. - Ribuan pejabat Jepang dan asing berkumpul di Tokyo pada September 27 untuk menghormati Abe, di sebuah pemakaman kenegaraan yang langka yang telah memicu kontroversi dan protes. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP)
Orang-orang mengantri di sepanjang jalan dekat Nippon Budokan untuk meninggalkan bunga dan menandatangani buku belasungkawa menjelang pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo pada 27 September 2022. - Ribuan pejabat Jepang dan asing berkumpul di Tokyo pada September 27 untuk menghormati Abe, di sebuah pemakaman kenegaraan yang langka yang telah memicu kontroversi dan protes. (Photo by Yuichi YAMAZAKI / AFP) (AFP/YUICHI YAMAZAKI)

Lihat foto lainnya klik di sini : Kontroversi upacara pemakaman kenegaraan shinzo abe

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved