Konflik Rusia Vs Ukraina

Ukraina Sebut Pasukan Rusia Lakukan Pemeriksaan Door to Door untuk Cari Pemuda Usia Wajib Militer

Ukraina mengatakan pasukan Rusia melakukan pemeriksaan door to door di daerah-daerah pendudukan untuk mencari pemuda usia wajib militer.

Penulis: Rica Agustina
ALEXANDER NEMENOV / AFP
Tentara Rusia berjalan di sepanjang jalan di Mariupol pada 12 April 2022. - Ukraina mengatakan pasukan Rusia melakukan pemeriksaan door to door di daerah-daerah pendudukan untuk mencari pemuda usia wajib militer. 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Rusia sedang melakukan pemeriksaan dari pintu ke pintu atau door to door di daerah-daerah pendudukan, CNN melapporkan.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk mencari pemuda usia wajib militer, kata militer Ukraina pada Senin (3/10/2022).

"Di wilayah yang diduduki sementara, langkah-langkah mobilisasi berlanjut, di mana pasukan pendudukan melakukan dari pintu ke pintu dan membuat daftar pria usia wajib militer," kata Komando Operasi Ukraina Selatan dalam sebuah pernyataan.

Pasukan Rusia juga telah meningkatkan pemeriksaan dokumen di pos pemeriksaan, membuatnya "sesulit mungkin," untuk meninggalkan daerah yang diduduki, tambah pernyataan itu.

Pejabat Ukraina telah memperingatkan untuk beberapa waktu bahwa Rusia berencana menggunakan pencaplokan yang diklaimnya sebagai dalih untuk merancang Ukraina di daerah yang diduduki untuk digunakan sebagai cannon fodder.

Pasukan Ukraina Bebaskan Desa di Donetsk dan Serang Pasukan Rusia di Luhansk

Baca juga: Intelijen Rusia Punya Bukti Amerika Cs yang Sabotase Pipa Gas Nord Stream

Pasukan Ukraina membebaskan Desa Torske dekat Lyman di wilayah Donetsk pada Minggu (2/10/2022), saat mereka semakin dekat untuk merebut kembali wilayah Luhansk, menurut militer Ukraina.

Serhiy Cherevaty, juru bicara Kelompok Timur Angkatan Bersenjata Ukraina, mengatakan di televisi nasional bahwa pasukan Ukraina menyerang unit militer Rusia di Kota Kreminna, Luhansk, "dengan api."

"Bagi mereka (penjajah Rusia), sekarang sangat penting untuk menjaga Kreminna. Setelah mengatasi Kreminna, Angkatan Bersenjata Ukraina akan pergi ke Svatovo, Rubizhne," kata Cherevaty.

"Selanjutnya mereka akan dapat membebaskan wilayah Luhansk," lanjutnya.

Cherevaty menambahkan, mereka juga akan dapat mengambil kembali Severodonetsk dan Lysychansk jika mereka memenangkan kembali kendali atas Kreminna.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memuji kemajuan yang dibuat pasukannya.

"Keuntungan terbaru Ukraina datang setelah kota utama Donetsk, Lyman, dibebaskan oleh pasukan Ukraina pada akhir pekan," kata Zelensky.

Namun, Zelensky mengatakan keberhasilan militer Ukraina tidak terbatas pada Lyman.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved