Konflik Rusia Vs Ukraina

Fakta-fakta Pasukan Rusia Ditarik Mundur dari Kherson, Mengapa Perintah Diumumkan?

Menpan Rusia menarik pasukan Moskowdari Kherson. Berikut ini sejumlah fakta-fakta terkait pengumuman penarikan pasukan Rusia dari Kherson.

Editor: Sri Juliati
Alexey NIKOLSKY / SPUTNIK / AFP
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu (kanan) dan kepala staf umum Valery Gerasimov menghadiri pertemuan dengan Presiden Rusia di Moskow pada 27 Februari 2022. - Menpan Rusia menarik pasukan Moskowdari Kherson. Berikut ini sejumlah fakta-fakta terkait pengumuman penarikan pasukan Rusia dari Kherson. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu memerintahkan pasukan Moskow untuk mundur dari kota Kherson di Ukraina selatan.

“Mulailah menarik pasukan,” kata Shoigu dalam pertemuan yang disiarkan televisi dengan komandan Rusia di Ukraina, Sergey Surovikin, pada Rabu (9/11/2022).

Pasukan Ukraina selama berminggu-minggu telah merebut desa-desa ketika bergerak maju ke kota dekat Laut Hitam.

Di waktu yang sama, para pemimpin yang ditempatkan Rusia di Kherson telah menarik keluar warga sipil.

Berikut sejumlah fakta-fakta terkait pengumuman penarikan pasukan Rusia dari Kherson, seperti dikutip Al Jazeera:

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-261: Ukraina Bergerak ke Arah Kherson setelah Rusia Menarik Diri

Mengapa mengumumkan penarikan sekarang?

Kota Kherson adalah pusat kota pertama yang direbut oleh Rusia selama “operasi militer khusus”.

Kherson merupakan dan satu-satunya ibu kota regional yang dikendalikan oleh Rusia sejak serangan dimulai pada 24 Februari.

Dalam komentar yang disiarkan televisi, Jenderal Surovikin mengatakan tidak mungkin lagi menjaga pasokan kota Kherson.

Sekitar 115.000 orang telah dipindahkan dari tepi kanan Dnieper, yang meliputi kota.

"Kami telah melakukan segala yang mungkin untuk bagian kami untuk memastikan keselamatan mereka selama evakuasi," kata Surovikin dalam laporan yang disiarkan di saluran televisi Rossiya-24 yang dikelola pemerintah.

“Saya mengerti bahwa ini adalah keputusan yang sangat sulit, tetapi pada saat yang sama, kami akan mempertahankan hal yang paling penting – kehidupan prajurit kami dan, secara umum, efektivitas tempur kelompok pasukan, yang sia-sia untuk dipertahankan. di tepi kanan di area terbatas," jelasnya.

Baca juga: Ukraina Klaim Rusia Ingin Kherson Jadi Kota Kematian

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat tinggal kepada Presiden Azeri setelah pertemuan Presiden Rusia dengan para pemimpin Armenia dan Azerbaijan di kota resor Laut Hitam Sochi pada 31 Oktober 2022.
Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat tinggal kepada Presiden Azeri setelah pertemuan Presiden Rusia dengan para pemimpin Armenia dan Azerbaijan di kota resor Laut Hitam Sochi pada 31 Oktober 2022. - Menpan Rusia menarik pasukan Moskowdari Kherson. Berikut ini sejumlah fakta-fakta terkait pengumuman penarikan pasukan Rusia dari Kherson.(Sergei BOBYLYOV / SPUTNIK / AFP)

Presiden Rusia Vladimir Putin secara terbuka mendukung evakuasi dari beberapa bagian wilayah Kherson pekan lalu, dengan mengatakan warga sipil “tidak boleh menderita”.

Sebelumnya, jembatan utama di jalan keluar dari kota Kherson diledakkan.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved