Jepang Bangkit, 10 Perusahaan Besar Bikin Perusahaan Semikonduktor Dalam Negeri Terbesar

10 perusahaan besar Jepang bangkit membuat satu perusahaan konduktor terbesar dalam negeri yang didukung oleh pemerintah Jepang.

Editor: Johnson Simanjuntak
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kantor Kementerian Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang (METI) di Kasumigaseki Tokyo 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sadar akan kekurangan penyediaan semikonduktor di Jepang, 10 perusahaan besar Jepang bangkit membuat satu perusahaan konduktor terbesar dalam negeri yang didukung oleh pemerintah Jepang.

"Sepuluh perusahaan besar itu sepakat membuat satu perusahan besar khusus membuat semikonduktor di dalam negeri Jepang dan direstui pemerintah Jepang," papar sumber Tribunnews.com Jumat (11/11/2022).

Perusahaan domestik besar seperti Toyota bekerja sama untuk memproduksi semikonduktor generasi berikutnya di dalam negeri.

Menurut orang-orang yang terlibat, sekitar 10 perusahaan domestik, termasuk Toyota Motor Corporation, NTT, Sony, NTT,  Softbank, dan lainnya akan mendirikan perusahaan baru untuk memproduksi semikonduktor generasi mendatang secara massal. Mitsubishi UFJ Group juga akan berinvestasi ke dalam perusahaan raksasa tersebut pembuat semikonduktor.

Perusahaan baru untuk membuat sistem produksi massal semikonduktor generasi mendatang dalam negeri yang digunakan menggunakan AI (kecerdasan buatan).

Pemerintah juga telah memutuskan untuk mendukung biaya pengembangan basis penelitian dan pengembangan, dan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Yasutoshi Nishimura dijadwalkan untuk membuat pengumuman resmi segera.

Jepang tertinggal di belakang Amerika Serikat dan Taiwan dalam pengembangan semikonduktor generasi berikutnya, tetapi perusahaan berharap untuk menebus pasar yang hilang dengan mendirikan perusahaan baru raksasa tersebut.

Pada tanggal 10 November ini diketahui bahwa 10 perusahaan besar Jepang, berusaha bangkit bersama fokus kepada semikonduktor.

Bertujuan untuk produksi massal di paruh kedua tahun 2020-an. Semikonduktor dipasang di segala hal mulai dari peralatan rumah tangga hingga mobil dan senjata, dan kepentingannya dalam hal keamanan ekonomi semakin meningkat.

Tampak sekali kini semikonduktor menjadi kunci penting bagi perekonomian global, "Dan sudah waktunya kebijakan kami untuk bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar Jepang bangkit di bidang semikonduktor," paparnya lagi.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved