Teknologi Luar Angkasa 

Tiga Taikonut China Kembali ke Bumi, Kapsul Mendarat Sukses di Gurun Gobi

Tiga taikonut China kembali ke bumi setelah enam bulan di Stasiun LUar Angkasa Tiangong. Kapsul pembawa mereka mendarat di Gurun Gobi.

CCTV/Global Times
Petugas medis dan kru darat Badan Antariksa China memeriksa kondisi tiga taikonut yang baru saja mendarat menggunakan kapsul Shenzhou-14 di tengah Gurun Gobi, Mongolia Dalam yang terpencil, Minggu (4/12/2022). Para taikonut kembali ke bumi setelah 6 bulan tinggal di Stasiun Luar Angkasa China Tiangong. 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Tiga taikonut China mendarat selamat menggunakan kapsul pendarat Shenzou-14 setelah enam bulan tinggal dan bekerja di Stasiun Luar Angkasa China.

Ketiga taikonut itu terdiri komandan misi Shenzhou-14, Chen Dong, dan dua rekannya Liu Yang dan Cai Xuzhe. Chen Dong lebih lama 33 hari berada di Stasiun Luar Angkasa Tiangong.

Pergantian dan serah terima tugas di orbit dari tim Shenzhou-14 ke Shenzou-15 dilakukan sukses dan menorehkan sejarah kedirgantaraan negara itu.

Para taikonut yang berada dalam kapsul mendarat di lokasi pendaratan Dongfeng di Gurun Gobi, Utara Daerah Otonomi Mongolia Dalam China pada Minggu (4/12/2022) waktu setempat.

Tenaga medis mengkonfirmasi para taikonaut dalam keadaan sehat, menandai keberhasilan penuh misi kembali mereka dari luar angkasa.

Media Global Times mewartakan pendaratan para taikonut itu merujuk keterangan Badan Antariksa Berawak China (CMSA) dan siaran televisi pemerintah China, CCTV.

Baca juga: Badan Antariksa Cina Sukses Luncurkan Modul Wentian ke Luar Angkasa

Baca juga: China Pecahkan Rekor Terbanyak Punya Taikonut di Stasiun Luar Angkasa

Baca juga: Editorial Global Times Sindir Kemajuan AS Eksplorasi Luar Angkasa

Pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-14 berhasil dipisahkan dengan kombinasi Stasiun Luar Angkasa China pada pukul 11.01 hari Minggu.

Sebelum keberangkatan mereka, kru Shenzhou-14, dengan bantuan tim darat lokal, menyelesaikan serah terima dengan kru Shenzhou-15, dan tugas lain termasuk mengunduh data eksperimen.

“Ini menandai misi kembali pertama setelah selesainya perakitan struktur dasar berbentuk T Stasiun Luar Angkasa China, yang pertama setelah berkumpulnya enam taikonaut di stasiun luar angkasa, dan juga yang pertama terjadi pada malam musim dingin di situs Dongfeng, ” kata Peng Huakang.

Penanggung jawab tim pemulihan pesawat ruang angkasa berawak dengan pengembang pesawat ruang angkasa China Academy of Spacecraft Technology (CAST) mengatakan kepada Global Times.

Kembalinya pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-14 terdiri dari lima tahap sebelum pendaratan terakhir.

Termasuk pemisahan pesawat ruang angkasa dari stasiun ruang angkasa, manuver pengereman, masuk kembali ke atmosfer dan melambat sebelum mendarat.

Mengadopsi strategi pengembalian cepat yang mirip dengan misi sebelumnya, pesawat Shenzhou-14 mengelilingi bumi hanya lima kali sebelum masuk kembali.

Kemudian kapsul pengorbit dipisahkan dengan kapsul kembali. Dengan bantuan kapsul pendorong dalam dua manuver pengereman, kombinasi kapsul balik dan kapsul pendorong kemudian turun dari orbit 400 kilometer ke orbit 100 kilometer sebelum pemisahan mereka.

Halaman
123
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved