Konflik Rusia Vs Ukraina

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-289: Pasukan Rusia Pasang Peluncur Roket di PLTN Zaporizhzhia

Pasukan Rusia telah memasang beberapa peluncur roket di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang ditutup di Ukraina.

AFP/GENYA SAVILOV
Kendaraan PBB yang membawa anggota misi inspeksi Badan Energi Atom Internasional (IAEA) meninggalkan kota Zaporizhzhia pada 1 September 2022, saat inspektur PBB bersiap untuk menuju ke pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia di Ukraina selatan. (Photo by Genya SAVILOV / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini serangkaian peristiwa perang Rusia dan Ukraina yang memasuki hari ke-289 pada Jumat (9/12/2022), dikutip dari The Guardian.

Pasukan Rusia peluncur roket di PLTN Zaporizhzhia

Pasukan Rusia memasang beberapa peluncur roket di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang ditutup di Ukraina, pejabat Ukraina mengklaim Kamis (8/12/2022).

Hal ini meningkatkan kekhawatiran pembangkit listrik tenaga atom terbesar di Eropa dapat digunakan sebagai pangkalan untuk menembak di wilayah Ukraina, meningkatkan bahaya radiasi.

Bintang bola basket AS dibebaskan dalam pertukaran tahanan

Bintang bola basket AS Brittney Griner telah dibebaskan dalam pertukaran tahanan dengan Rusia sebagai ganti mantan pedagang senjata Viktor Bout dan kembali ke Amerika Serikat pada Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Hadapi Gempuran Rusia, AS Persenjatai Ukraina Paket Bantuan Drone Senilai 275 Juta Dolar

Antony Bliken mengatakan AS yakin Finlandia dan Swedia segera gabung NATO

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Amerika Serikat yakin bahwa Finlandia dan Swedia akan segera disetujui untuk menjadi anggota NATO meskipun ada penundaan ratifikasi dari anggota Turki dan Hongaria, Kamis (8/12/2022).

Putin akan terus serang sistem energi Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin telah berjanji untuk terus menyerang sistem energi Ukraina meskipun kritik global terhadap serangan yang telah menyebabkan jutaan orang tanpa listrik dan air pada awal musim dingin.

Rusia masih mencoba merebut bagian timur dan selatan Ukraina

Rusia masih mencoba merebut bagian timur dan selatan Ukraina yang diklaim Putin sebagai miliknya, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Dia menambahkan bahwa semenanjung Krimea di selatan Ukraina, yang dianeksasi Rusia pada 2014, rentan terhadap serangan pasukan Ukraina, setelah para pejabat di sana mengatakan mereka telah menembak jatuh pesawat tak berawak di dekat pangkalan angkatan laut utama.

Baca juga: Vladimir Putin Diperkirakan Kabur ke Negara Ini Jika Rusia Kalah Perang dengan Ukraina

Bagian tabung pendorong rudal S-300 ditemukan di perkebunan pedesaan Moldova, Senin (5/12/2022). Komponen itu bagian rudal darat ke udara yang ditembakkan Ukraina saat mencegat serangan rudal Rusia.
Bagian tabung pendorong rudal S-300 ditemukan di perkebunan pedesaan Moldova, Senin (5/12/2022). Komponen itu bagian rudal darat ke udara yang ditembakkan Ukraina saat mencegat serangan rudal Rusia. (MilitaryAdvisor@miladvisor)

AS bersiap kirim bantuan lagi ke Ukraina

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved