Cek di Langit Sore Ini, Ada Penampakan ‘Bintang Bergerak’

Stasiun Antariksa Internasional atau ISS akan melintas di atas Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kalau cuaca cerah dan cahaya Matahari tak tertutup mendung, Jumat (2/8/2013) sore ini, ada peristiwa yang menarik di langit. Stasiun Antariksa Internasional atau ISS akan melintas di atas Indonesia sehingga bakal tampak seperti "bintang terang" yang bergerak cepat.

Seperti informasi yang ditulis Eko Hadi G dari Kafeastronomi.com di halaman Facebook miliknya, ISS akan melintas antara pukul 17.51 hingga 18.01 WIB. Sangat singkat hanya beberapa menit.

"ISS akan tampak seperti bintang yang sangat terang berjalan dari selatan ke utara di belahan langit timur. Magnitudo semunya mencapai -1,8. Peristiwa penampakan flare atau pantulan cahaya matahari dari panel surya ISS dapat dilihat menggunakan mata tanpa alat bantu optik (mata telanjang)," tulis Eko.

Dia memperkirakan, penampakan ISS dapat diamati dari Sumatera Utara hingga Papua bagian barat. Dari Sabang atau Merauke, kemungkinan kehadiran ISS tidak bisa diamati. Hal ini berdasarkan analisis menggunakan aplikasi Satflare.

Sebagai contoh, jelas Eko, dari kota Yogyakarta posisi ISS mencapai 30 derajat dari horizon langit timur. Jika lokasi pengamat semakin mendekati garis pelintasan ISS di Lombok dan Sulawesi, semakin tinggi pula ketinggian ISS di langit tehadap horizon.

Ini bukanlah penampakan ISS yang pertama di langit Indonesia. Pada awal bulan Ramadhan, ISS juga melintas di langit Indonesia dan dapat diamati di atas Jakarta antara pukul 04.26.21 WIB hingga 04.28.45 WIB. Jadi, jangan kaget pas ngabuburit sore ini melihat "bintang" bergerak di langit!

Tags
bintang
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved