Lumix GM1 Sandang Status Mirrorless Micro Four Third Termungil Sedunia

Dengan lensa kit terpasang pun, beratnya hanya sekira 200 gram.

Lumix GM1 Sandang Status Mirrorless Micro Four Third Termungil Sedunia
ist
Lumix DMC-GM1 

TRIBUNNEWS.COM – Biasanya, semakin kecil bentuk kamera, semakin kecil pula ukuran sensornya. Namun hal itu tidak berlaku untuk kamera mirrorless anyar keluaran Panasonic. Lumix DMC-GM1 mempunyai sensor Micro Four-Thirds dengan kerapatan 16 megapiksel, namun bodi kamera tersebut hanya berukuran 98,5 mm x 54,9 mm x 30,4 mm.

Dengan lensa kit terpasang pun, beratnya hanya sekira 200 gram. Meski tergolong ringan, kamera ini tidak dibuat dari bahan plastik, melainkan menggunakan magnesium-alloy sebagai rangkanya.

Untuk urusan pengolah gambar, GM1 menggunakan prosesor yang sama dengan pendahulunya, Lumix DMC-GX7. Tersedia juga berbagai pengaturan melalui tombol putar layaknya kamera SLR, seperti aperture-priority, shutter-priority, dan full manual. Fitur focus-peaking pun sudah tersedia untuk memastikan akurasi fokus pada gambar.

Mengikuti tren kamera digital saat ini, GM1 juga mampu merekam video dengan resolusi 1.920 x 1.080 pada mode 60i dan 24p. Sedikit berbeda dengan GX7 yang mampu merekam video dengan mode 60p.

Foto atau video yang sudah direkam bisa dilihat melalui layar berukuran 3 inci, yang posisinya tidak bisa diubah. Kekurangan lainnya adalah GM1 tidak mempunyai electronic viewfinder dan hot shoe untuk memasang aksesoris seperti flash eksternal. Penggunanya harus puas dengan flash internal yang disediakan oleh Panasonic.

GM1, yang tersedia dalam warna silver dan hitam juga mempunyai konektivitas Wi-Fi untuk terkoneksi dengan aplikasi smartphone yang tersedia untuk platform Android dan iOS. Dengan aplikasi tersebut, penggunanya bisa menggunakan smartphone-nya sebagai remote control serta layar live-view.

Harga yang ditawarkan oleh Panasonic untuk produk ini sekira US$750. Dalam paket penjualannya, Panasonic menyertakan lensa kit  12-32mm /F3.5-F5.6 dengan optical stabilizer. Dengan harga tersebut, GM1 akan bersaing dengan kamera DSLR kelas menengah serta kamera saku kelas premium.

Tags
Lumix
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Chip
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved