Breaking News:

IGF 2013

1 dari 4 Orang Mengaku Lebih 'Nakal' dengan Akun Anonim

Dua dari tiga responden mengakui mereka pernah berkomunikasi tanpa mengungkap jati diri mereka

NET
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, BADUNG - Komunikasi anonimitas telah menjadi hal yang umum dalam aktivitas online via internet. Sebuah survei dari Youth IGF Project menyebutkan bahwa dua dari tiga responden mengakui mereka pernah berkomunikasi tanpa mengungkap jati diri mereka.

Adapun salah satu sisi negatif menurut survei tersebut, identitas anonim adalah orang terkadang bertindak kasar dengan identitas anonim. "71 persen merasa orang lebih "nakal" dengan identitas anonim. 37 persen mengatakan mereka menerima perlakuan kasar dari orang yang menggunakan akun anonim. Dan 25 persen mengaku mereka akan jadi lebih nakal bila menggunakan identitas anonim."

Artinya 1 dari empat orang mengaku lebih nakal menggunakan akun anonim. Dalam survei itu ditemukan bahwa komunikasi anonimitas itu pernah mereka lakukan setidaknya dalam setahun terakhir. Hal ini terungkap dalam sesi "Online anonymity,freedom of expression & internet governance" di ajang IGF 2013, di Nusa Dua, Badung, Kamis (24/10/2013).

Survei yang melibatkan 1.300 responden dari berbagai negara merupakan proyek bentukan Childnet International untuk menghadirkan suara dari kalangan muda dalam ajang Internet Governance Forum atau IGF. Dalam IGF di Nusa Dua, Badung tahun ini lima anak muda dari Kerajaan Inggris turut hadir guna memimpin workshop membahas anonimitas itu.

Dalam survei ditemukan bahwa modus paling banyak digunakan dalam komunikasi anonim di internet dalam meninggalkan komentar di suatu forum tanpa identitas sebenarnya. "51 persen meninggalkan komentar anonim dan 40 persen menggunakan layanan tanpa perlu mendaftar (resmi) lebih dulu," tulis laporan Youth IGF Project.

Menurut laporan tersebut, anak muda menggunakan akun atau identitas anonim merasa lebih bebas mengekspresikan pendapat mereka. Para responden juga tetap menginginkan bahwa agar mereka tetap diizinkan menggunakan akun anonim.

Donny Bu, seorang peserta asal Indonesia dari ICT Watch menyatakan soal anonim atau tidak bukan jadi masalah. "Akan tetapi bagaimana pengguna internet mengetahui manaa informasi yang kredibel dan yang tidak kredibel," kata Donny.

Penulis: Yudie Thirzano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved