Lawan Faktor U

Tulang Keropos dan Pentingnya Konsumsi Susu Tinggi Kalsium

Masalah kesehatan seperti osteoporosis kerap kali menghantui Anda. Beberapa sumber juga sering mengaitkan penyakit ini dengan susu tinggi kalsium.

Tulang Keropos dan Pentingnya Konsumsi Susu Tinggi Kalsium
Pinterest
Tulang keropos kerap kali dialami bahkan mereka yang ada di usia produktif. Lantas, benarkah penting untuk mengkonsumsi susu tinggi kalsium terutama jika Anda masih di usia produktif? 

TRIBUNNEWS.COM - Menginjak usia 30 tahun, masalah kesehatan kerap kali menghantui diri Anda. Salah satunya adalah osteoporosis atau biasa kita kenal dengan pengeroposan tulang. Beberapa sumber juga sering mengaitkan penyakit ini dengan susu tinggi kalsium.

Lantas apakah tulang keropos itu? Berdasarkan penjelasan dr. Ervina Hasti Widyandini, Head of Medical Nutrition for Special Needs, tulang keropos terjadi saat tulang kehilangan mineral kalsium sehingga kepadatan tulang berkurang secara berkelanjutan.

Kondisi ini lebih rentan menyerang wanita, apalagi wanita yang sedang hamil dan melahirkan karena kalsium pada tubuhnya akan semakin berkurang.

Selain itu, wanita juga akan mengalami proses menopause sehingga terjadi penurunan hormon estrogen yang berperan dalam proses produksi massa tulang serta mengendalikan aktivitas pembentukan tulang.

Jika struktur dan komposisi tulang Anda sudah menipis akibat osteoporosis, maka risiko tulang patah tidak bisa dihindari.

Pada kondisi yang lebih serius, tulang yang sudah rapuh bisa menjadi sangat rapuh dan mudah patah bahkan hanya karena insiden kecil seperti jatuh.

Gejala osteoporosis

Ilustrasi osteoporosis.
Ilustrasi osteoporosis. (Medical News Today)

Tulang keropos merupakan penyakit yang tidak terdeteksi Namun, terkadang ada beberapa tanda yang bisa Anda rasakan, seperti: 

●        Nyeri tulang punggung bawah

●        Nyeri leher

●        Postur tubuh bungkuk

●        Penurunan tinggi badan secara bertahap

Lebih lanjut, dr. Ervina menjelaskan bahwa pengeroposan tulang lebih sering terjadi di daerah panggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang.

Bahayanya jika terjadi pengeroposan tulang di area panggul, beberapa tulang yang sudah rusak tidak dapat sembuh.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencegah penyakit ini sejak sedini mungkin. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Untuk menghindari pengeroposan tulang, tubuh Anda membutuhkan mineral kalsium yang cukup. Mengapa susu tinggi kalsium berbeda dengan susu biasa? Tentunya karena memiliki asupan kalsium yang cukup.

Rajin mengkonsumsi susu tinggi kalsium akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti menjaga massa tulang, mencegah osteoporosis, sampai melindungi dari berbagai penyakit.

Tapi, tidak cuma kalsium, tubuh kita juga membutuhkan berbagai nutrisi lainnya agar lengkap dan seimbang.

Untuk kebutuhan tulang, vitamin D dan magnesium sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya beberapa hal yang bisa juga terjadi saat usia Anda bertambah seperti badan pegal dan mudah lelah.

Entrasol sebagai susu tinggi kalsium memiliki kandungan formula lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, membantu mengatasi berbagai gejala faktor U, serta menjaga daya tahan dan memperlambat proses penuaan dini terutama pada sendi dan tulang.

Selain nutrisi Power Bone, Entrasol juga mengandung antioksidan alami dari ekstrak zaitun, yang berfungsi melindungi organ tubuh dari serangan radikal bebas guna meningkatkan imunitas.

Antioksidan jadi penting terutama bagi wanita produktif yang sekarang kerap terpapar radikal bebas yang membuat daya tahan tubuh menurun.

Adapun HI-FIBER, yang membuat susu ini tinggi serat sehingga pencernaan tetap lancar dan sehat. Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, tidak perlu takut mengkonsumsi susu tinggi kalsium ini karena Entrasol memiliki kandungan lemak yang rendah (less fat).

Susu tinggi kalsium Entrasol tidak hanya memiliki asupan kalsium yang tinggi, tetapi juga nutrisi lain yang dibutuhkan usia dewasa.
Susu tinggi kalsium Entrasol tidak hanya memiliki asupan kalsium yang tinggi, tetapi juga nutrisi lain yang dibutuhkan usia dewasa. (Kalbe Store)

Cintai tulang Anda sedari muda dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved