Bahagia Dengan Diabetes

4 Cara Ini Bisa Bantu Anda Untuk Atasi Gula Darah Tinggi Usai Lebaran

Menu lebaran umumnya mengandung santan dan bisa menyebabkan gula darah tinggi. Kondisi ini jika dibiarkan bisa berujung pada penyakit diabetes.

4 Cara Ini Bisa Bantu Anda Untuk Atasi Gula Darah Tinggi Usai Lebaran
Shutterstock
Seusai lebaran, tak jarang diabetesi mengalami kekhawatiran gula darah tinggi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? 

TRIBUNNEWS.COM – Lebaran identik dengan lontong sayur, opor ayam, dan rendang. Asupan santan dan karbohidrat secara berlebihan tentu bisa menyebabkan gula darah tinggi. Bagi diabetesi, jika dibiarkan tentu dapat berujung pada komplikasi.

Memang belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit diabetes, namun Anda bisa mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Kadar gula darah normal berada pada batas 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl).

Adapun 4 cara efektif untuk membuat gula darah tinggi normal kembali!

Rutin monitor kadar gula darah

Ketika gula darah melonjak, segera diskusikan dengan dokter berapa target kadar glukosa darah yang harus dicapai. Umumnya, dokter akan menyarankan tes glukosa darah untuk mengukur jumlah gula darah sebelum dan sesudah makan.

Anda pun wajib memiliki meteran gula darah sehingga diabetesi bisa rutin mengawasi kadar gula darah sehari-hari, baik itu ketika di rumah atau bepergian.

Suntik insulin

Setelah memeriksakan diri Anda ke dokter, konsultasikan apakah jumlah gula darah Anda segera membutuhkan tindakan suntik insulin. Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas dan mampu mengolah gula menjadi energi.

Orang yang menyandang penyakit diabetes memiliki ketidakmampuan tubuh untuk mengolah energi tersebut sehingga dibutuhkan suntik insulin untuk menetralisasi kadar gula darah. Agar bekerja lebih cepat, suntiklah pada bagian perut dibandingkan di bagian lengan atas atau kaki.

Baca: 5 Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan, Wajib Waspadai!

Olahraga bisa membuat gula darah normal

Salah satu cara menurunkan gula darah yang efektif adalah dengan berolahraga. Anda bisa melakukan aktivitas jogging atau jenis olahraga lainnya selama setengah jam setiap harinya.

Ketika berolahraga, detak jantung meningkat dan otot pada tubuh menggunakan gula sebagai sumber energi. Hal ini tentu bisa menurunkan gula darah. Bukan itu saja, olahraga juga meningkatkan sensitivas tubuh terhadap insulin.

Segera atur pola makan

Setelah kembali normal, bukan berarti Anda berhenti menjaga asupan harian. Ahli nutrisi dr Samuel Oetoro mengungkapkan, diabetesi perlu mempertimbangkan makanan dengan Indeks Glikemik (IG) rendah, terutama pada pagi dan malam hari.

IG merupakan nilai yang menggambarkan seberapa cepat atau seberapa lambat makanan tersebut menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Makanan dengan IG rendah cenderung melepaskan gula dengan perlahan, sehingga tidak banyak meningkatkan kadar gula darah. 

Oleh karena itu, Diabetasol dapat berperan untuk menstabilkan gula darah dan juga sebagai asupan nutrisi makanan pengganti bagi diabetes karena memiliki IG rendah dan kandungan Vitadigest Pro untuk membantu menjaga kadar gula darah dan membuat kenyang lebih lama sehingga tubuh tetap bugar untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Nutrisi untuk diabetes.
Nutrisi untuk diabetes. (Kalbe Store)

Terdiri dari berbagai varian rasa: Cappuccino, Chocolate, dan Vanilla, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi nutrisi ini sebanyak dua kali, untuk menggantikan makan pagi dan snack malam.

Baca: Tetap Makan Enak Meski Diabetes? Bisa, Asal Tahu Cara Menurunkan Gula Darah

Tidak perlu lagi khawatir apabila gula darah tinggi kambuh saat lebaran selama Anda tahu cara yang tepat untuk mengatasinya!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved