Ngemil Sehat

6 Cemilan sehat Di Bawah 20 Ribu yang Enggak Bikin Kantong Jebol

Camilan sehat ini sangat mudah didapatkan dan cocok dengan lidah orang indonesia.

6 Cemilan sehat Di Bawah 20 Ribu yang Enggak Bikin Kantong Jebol
Shutterstock
Camilan sehat kini mulai digemari generasi milenial. 

TRIBUNNEWS.COM – Ibarat sayur tanpa garam, bagi generasi milenial saat kumpul rasanya tak lengkap tanpa camilan. Bukan sembarang snack, anak muda sekarang ini lebih sadar akan cemilan sehat. Tren eating clean, misalnya, cukup populer karena kamu hanya mengkonsumsi makanan tanpa bahan tambahan seperti micin atau pengawet.

Sayangnya, banyak yang enggan mencoba makanan sehat karena harganya yang tidak bersahabat. Beberapa bahan juga sulit didapatkan dan tidak cocok di lidah Indonesia.

Supaya tak mengalami kejadian di atas, ada baiknya mengkonsumsi cemilan sehat khas Indonesia yang tersedia di mana saja dan pastinya sangat ramah di kantong kita, tidak sampai 20 Ribu! Penasaran apa saja snack sehat itu?

Lemper Ayam

Sajian tradisional yang selalu ada di setiap acara ini bisa menjadi pilihan cemilan sehat murah dan mudah didapatkan. Berbahan dasar ketan yang terbukti rendah lemak, dengan isian daging ayam rebus yang tinggi protein, membuat lemper ayam bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin mencari cemilan sehat.

Per porsinya, lemper sendiri memiliki 5,59 gram lemak, 14,91 gram karbohidrat, 5,98 gram protein, dan 133 kalori dengan rincian 38 persen lemak, 45 persen karbohidrat, dan 18 persen protein.

Rujak Buah

Sehat, murah, dan ada di mana saja membuat rujak buah bisa jadi pilihan cemilan sehat ketika berkumpul bersama teman-teman. Sebaiknya hindari menggunakan garam secara berlebihan ketika menikmati rujak. Dalam rujak sendiri, setidaknya ada banyak kandungan vitamin yang bisa kamu peroleh serta antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Jagung Rebus atau Bakar

Kalau pergi ke daerah puncak, rasa-rasanya jagung bakar selalu menjadi snack andalan orang Indonesia. Mengapa tidak? Selain mudah disantap, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang sangat murah! Jagung memiliki vitamin C yang tinggi, karotenoid, dan bioflavonoid yang berguna untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Kurma

Sajian khas Ramadan ini bisa juga jadi pilihan cemilan sehat sehari-hari. Terasa manis dan legit, kurma dapat melancarkan pencernaan kamu sekaligus mengurangi tekanan darah.

Kurma jadi salah satu camilan sehat dibawah 20 ribu.
Kurma jadi salah satu camilan sehat dibawah 20 ribu. (Shutterstock)

Kacang Rebus

Tahukah kamu mengkonsumsi kacang-kacangan bisa membuat kamu kenyang lebih lama karena kacang tanah memiki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Keripik Gandum

Siapa sih yang tidak suka dengan keripik? Nonton film bersama teman-teman akan lebih menyenangkan jika menghadirkan makanan yang satu ini. Eits, pastikan kamu tidak sembarang mengkonsumsi keripik karena snack ini biasanya mengandung micin yang pasti berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Meski enak, micin bisa memicu obesitas. Sebuah penelitian yang dituliskan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2011 mengungkapkan, bahwa terjadi peningkatkan risiko obesitas pada masyarakat Cina.

Jika ingin makan keripik, pilihlah yang bebas micin dan tidak menggunakan bahan pengawet, pemanis, ataupun pewarna tambahan. Kemudian, daripada memilih keripik kentang yang memiliki kadar karbohidrat tinggi, sebaiknya konsumsi keripik berbahan gandum.

Sayangnya, tidak semua orang suka dengan makanan gandum karena rasanya yang hambar. Kini, ada keripik gandum enak Fitchips tanpa micin dan tidak menggunakan bahan pewarna, pengawet, dan pemanis buatan.

Fitchips salah satu camilan sehat tanpa micin dibawah 20ribu.
Fitchips salah satu camilan sehat tanpa micin dibawah 20ribu. (ISITIMEWA)

Mengandung 3 jenis gandum yaitu oat, quinoa, dan whole wheat, Fitchips termasuk ke dalam daftar cemilan sehat. Yang paling penting, kamu bisa menemukan keripik gandum ini di pasar swalayan terdekat dan hanya dibanderol Rp13.500 saja! Murah dan sehat, kan?

Jadi, makan sehat nggak perlu menyiksa selama kamu tahu cemilan yang baik untuk kesehatan!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved