Bahagia Dengan Diabetes

Ini 5 Cara Alami Menurunkan Gula Darah Tinggi, Terbukti Efektif

Bagi diabetesi, menurunkan gula darah tinggi sangat penting agar tidak terjadi komplikasi diabetes. Lalu, apa saja cara alami yang bisa Anda lakukan?

Ini 5 Cara Alami Menurunkan Gula Darah Tinggi, Terbukti Efektif
Shutterstock
Bagi diabetesi, menjaga gula darah tinggi sangat penting agar tidak terjadi komplikasi diabetes. Perlunya mengetahui cara menurunkan gula darah secara alami. Apa saja? 

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pre-diabetes dan diabetes adalah menurunkan kadar gula darah tinggi. Jika dibiarkan akan berujung pada komplikasi diabetes, kerusakan saraf, hingga organ ginjal yang tidak berjalan dengan baik.

Langkah pencegahan perlu dilakukan tetapi penting untuk memilih cara yang alami. Gaya hidup sehat dan pola makan teratur merupakan solusi paling tepat. Di sini 5 cara alami menurunkan gula darah tinggi.

1. Pertahankan berat badan ideal

Obesitas meningkatkan 20-40 kali risiko terjadinya diabetes. Berdasarkan penelitian Harvard Health, 90 persen orang yang memiliki berat badan berlebih mengalami diabetes mellitus. Lalu, mengapa obesitas dapat dikaitkan dengan diabetes?

Ketika berat badan berlebih, tubuh mengalami stres khususnya pada bagian sel retikulum endoplasma (ER) sehingga mengakibatkan resistensi insulin yang akhirnya membuat kadar gula darah tinggi. Insulin sendiri merupakan hormon yang dihasilkan pankreas untuk membantu sel mengubah glukosa menjadi energi.

Baca: 5 Makanan Untuk Penyakit Diabetes Yang Mudah Ditemukan Saat Travelling

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan berat badan. Karena tiap orang berbeda-beda, Anda bisa menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) untuk mengetahui apakah berat badan yang Anda miliki sudah normal.

Hitunglah dengan rumus berikut: berat badan (kg)/tinggi badan (m) x tinggi badan (m)

Apabila nilai yang didapat mencapai 25-29 berarti tubuh Anda masuk ke dalam kategori overweight, sedangkan ≥30 berarti obesitas. Segera konsultasikan dengan dokter, diet seperti apa yang baik bagi Anda.

2. Perbanyak makan buah dan sayur

Cara menurunkan gula darah tinggi selanjutnya adalah mengonsumsi makanan kaya serat yang[AMC2]  dapat membuat kenyang tahan lama dan juga memiliki IG (indeks glikemik) yang rendah. IG merupakan nilai yang menggambarkan seberapa cepat atau seberapa lambat makanan tersebut menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Mengonsumsi makanan dengan IG di bawah 55 dapat menjaga gula darah tetap stabil, seperti sayuran dan buah-buahan. Konsumsilah buah kiwi yang mengandung serat tinggi dan IG 48,5 atau sayur okra dengan zat myricetin yang dapat meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap glukosa sehingga gula darah turun.

Ini 5 Cara Alami Menurunkan Gula Darah, Terbukti Ampuh
Tanaman okra.

3. Olahraga khusus diabetes

Tidak hanya mengurangi kalori, olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan insulin ini membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula darah tinggi. Penting bagi Anda untuk memilih olahraga yang berguna bagi diabetesi.

Dilansir dari KlikDokter, senam kaki diabetes merupakan salah satu latihan yang membantu melancarkan peredaran darah pada bagian kaki. Atau, olahraga aerobik seperti jalan cepat dan berlari juga baik untuk diabetesi.

Para ahli menyarankan diabetesi berolahraga selama 150 menit perminggu atau 30 menit per harinya. Tidak harus langsung melakukan aktivitas berat, Anda bisa melakukannya secara gradual. Jika Anda merasa lemas dan terengah-engah, segera istirahat.

4. Tidur yang cukup

Diabetesi, cobalah untuk tidak begadang. Berdasarkan survei yang dilakukan Forza Supplements, orang yang tidur di bawah 7 jam mempunyai pola makan yang kacau dan lebih mudah tergoda untuk ngemil.

Tidak cuma itu saja, kurang tidur ternyata mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan berperan besar pada diabetes.

Baca: Cara Manjur Santap Kue Lebaran Tanpa Khawatir Gula Darah Tinggi

5. Pola makan teratur

Berbeda dengan orang normal, diabetesi makan 5 kali sehari tetapi sedikit demi sedikit agar tidak mengalami hiperglikema atau gula darah terlalu tinggi. Makan siang, misalnya, masih bisa menikmati menu yang lezat selama tidak melewati batas kalori (2.000 kkal pada wanita dan 2.500 pada pria). Nasi putih yang tinggi gula wajib Anda ganti dengan nasi merah atau nasi hitam.

Selain itu, penting bagi diabetesi untuk mengonsumsi makanan yang memiliki IG (indeks glikemik) rendah tetapi tetap membuat Anda kenyang lebih lama. Diabetasol, asupan makanan pengganti untuk diabetes, hadir dengan kandungan nutrisi lengkap yang bisa menjadi solusi tepat.

Nutrisi untuk diabetes.

Nutrisi untuk diabetes. (Kalbe Store)

Mengandung Vitadigest Pro yang merupakan karbohidrat lepas lambat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan IG rendah untuk menstabilkan gula darah. Konsumsi sebanyak 4 sendok takar per porsi (260 kkal) dua kali sehari, pada waktu sarapan dan sebelum tidur

Lengkapi pula dengan konsumsi produk diabetasol lainnya seperti Diabetasol Sweetener sebagai pengganti gula diabetes, Diabetasol UHT, Diabetasol Bar sebagai snack diabetes.

Selama mengikuti 5 langkah di atas, Anda akan terhindar dari gula darah tinggi.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved