Bahagia Dengan Diabetes

Jangan Sembarang Cari Makanan Pengganti untuk Penyakit Diabetes

Bagi Anda yang menyandang penyakit diabetes, perlu makanan pengganti untuk menjaga kadar gula darah.

Jangan Sembarang Cari Makanan Pengganti untuk Penyakit Diabetes
Envato
Bagi Anda yang menyandang penyakit diabetes, perlu makanan pengganti untuk menjaga kadar gula darah. 

TRIBUNNEWS.COM – Saat menyandang penyakit diabetes, Anda dituntut untuk rutin menjaga pola makan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Karbohidrat seperti nasi putih, misalnya, memiliki indeks glikemik (IG) cukup tinggi dan membuat Anda cepat lapar. Per 150 gram-nya saja bisa mencapai angka 72. 

Seperti diketahui, IG merupakan suatu ukuran yang digunakan untuk mengindikasikan cepat atau lambatnya tubuh memproses gula menjadi energi. Semakin tinggi IG suatu makanan, semakin cepat kadar gula darah naik.    

Makanya, diabetesi perlu tahu makanan pengganti untuk penyakit diabetes yang memiliki IG rendah dan membuat kenyang lebih tahan lama sehingga Anda tidak lemas menjalani aktivitas harian.

diabetasol-151119-1
Ilustrasi.

Menerapkan pola makan khusus

Pastikan makanan pengganti yang Anda pilih memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk diabetesi, diantaranya kalori yang terukur, tinggi serat, serta mengandung vitamin dan mineral. 

Lalu, konsumsilah makanan sesuai 3J (Jenis, Jadwal, dan Jumlah). Untuk jenis dan jumlah tentu harus dibatasi.

Untuk karbohidrat, konsumsi sebanyak 45%-65% dari total kalori. Sebaiknya pilihlah yang mengandung gula rendah seperti oat atau nasi merah. Apalagi jumlah asupan serat yang dianjurkan adalah 10%-20%. 

Sedangkan jumlah asupan lemak, tubuh membutuhkan 20%-25%. Dilansir dari EverydayHealth, ikan bisa menjadi pilihan sumber protein yang rendah lemak atau tanpa lemak jenuh. Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan yang berguna sebagai sumber protein nabati.

Sedangkan untuk jadwal, pastikan tetap makan sebanyak 3 kali (pagi, siang, dan malam) dan snack 2 kali (sebelum siang dan sore).

Pastikan makan tepat waktu agar gula darah tetap terkontrol. Agar lebih praktis dan mudah dicerna, konsumsi nutrisi pengganti makan dalam bentuk susu. Tentunya bukan susu biasa karena kandungan kalori dan gula yang tinggi.

Pilihlah nutrisi makanan pengganti dalam bentuk susu yang diformulasikan khusus untuk penyandang diabetes.Bukan hanya tinggi kalsium, tetapi juga mengandung serat tinggi sehingga membuat diabetesi kenyang lebih lama.

Diabetasol mengandung Vitadigest Pro yang membantu menjaga kadar gula darah dan membuat kenyang lebih lama. Selain itu, asupan nutrisi makanan pengganti bagi diabetes ini juga memiliki IG yang rendah. Sangat pas bagi diabetesi.

Diabetasol, asupan nutrisi makanan pengganti pilihan no. 1 bagi diabetes.
Diabetasol, asupan nutrisi makanan pengganti pilihan no. 1 bagi diabetes. (KalbeStore)

Agar lebih nikmat, Diabetasol tersedia dalam berbagai rasa seperti Cappuccino, Chocolate, dan Vanilla. Konsumsi sebanyak 2 kali, di jam sarapan dan sebelum tidur, sebanyak 4 sendok takar.

Selama mengikuti aturan makan yang benar dan gaya hidup sehat, diabetesi mampu Lawan Diabetes #BersamaDia.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved