Lawan Faktor U

Lawan Faktor ‘U’ Dengan 4 Makanan Kaya Antioksidan

Antioksidan ternyata bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Makanan apa saja yang memiliki kandungan antioksidan tinggi?

Lawan Faktor ‘U’ Dengan 4 Makanan Kaya Antioksidan
Envato
Makanan apa saja yang memiliki kandungan antioksidan tinggi? 

TRIBUNNEWS.COM -  Semakin banyak aktivitas yang menguras tenaga di usia tua membuat kita mudah kelelahan. Badan cepat pegal dan nyeri sendi sering kita rasakan.

Faktor ‘U’ memang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Bahkan penuaan bisa terjadi lebih cepat jika kita terlalu banyak terpapar radikal bebas yang berasal dari paparan sinar matahari dan polusi udara. Radikal bebas itu tanpa disadari dapat membuat imunitas dalam tubuh berkurang sehingga membuat kita lebih gampang sakit.

Selain itu, gaya hidup tidak sehat juga berkontribusi terhadap cepatnya proses penuaan pada tubuh kita. Baik melalui pola makan yang kurang baik, stres, merokok, dan rutin minum alkohol. Setidaknya konsumsilah makanan yang tinggi antioksidan untuk menghambat penuaan dini.

Zaitun

Ada begitu banyak manfaat zaitun yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Dalam zaitun terdapat kandungan  antioksidan oleocanthal yang dapat membantu mengatasi nyeri pada radang sendi.

Zaitun juga mengandung antioksidan alami, yaitu kandungan senyawa hodroksitirosol yang dapat menghindarkan Anda dari bahaya radikal bebas dan Anda pun tidak mudah jatuh sakit. Tidak hanya tinggi antioksidan, zaitun kaya akan banyak vitamin, diantaranya vitamin A, D, K, dan E yang dapat mendukung kesehatan tubuh Anda.

Untuk mengatasi gangguan hormonal di usia tua, sebaiknya konsumsi zaitun karena kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu regenerasi sel yang rusak. Manfaat ini dapat membantu menyeimbangkan hormon sehingga fisik tidak mudah terasa lelah.

Jeruk

Tiap jenis antioksidan bekerja dengan cara yang berbeda, untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin C dalam jeruk, misalnya, diketahui dapat mencegah kerusakan dengan menangkap dan menetralisasi radikal bebas.

Jeruk juga tinggi kalsium sehingga menghindarkan Anda dari pengeroposan secara berkelanjutan

Cegah Faktor ‘U’ Dengan 4 Makanan Kaya Antioksidan
Zaitun kaya akan antioksidan.

Kiwi

Buah kiwi kaya akan kandungan antioksidan berupa vitamin E yang baik untuk imunitas tubuh Anda sehingga membantu Anda agar terhindar dari sakit. Antioksidan pada buah kiwi dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, terutama dalam usus.

Kiwi juga mengandung serotonin yang berperan meningkatkan kualitas tidur. Tidak heran setelah mengonsumsi kiwi, tubuh Anda terasa lebih segar.

Salmon

Salmon merupakan salah satu makanan yang tinggi gizi. Mengapa tidak? Tak hanya asam lemak Omega 3 saja, konsumsi salmon secara teratur dapat menghindarkan Anda dari peradangan. Pasalnya, salmon memiliki kandungan antioksidan astaxanthin, yang dapat membantu peradangan.

Pastikan menginjak usia 30-an, tidak hanya konsumsi antioksidan saja untuk mencegah penuaan dini. Tubuh butuh kalsium untuk menenangkan otot dan sendi yang kaku, serta badan yang cepat pegal. Konsumsi susu Entrasol yang tidak hanya tinggi kalsium, tetapi juga mengandung antioksidan yang berasal dari ekstrak zaitun alami.

(Kalbe Store)

Susu dengan antioksidan ini berperan penting untuk memperlambat proses penuaan dini dan menangkal radikal bebas sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit. Entrasol juga memiliki kandungan kalsium tinggi yaitu 500g per sajian, sehingga memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Anda bisa menemukan kandungan gizi lainnya seperti Omega 3 & Omega 6 guna menjaga kesehatan jantung dan juga sendi sehingga Anda tidak mudah merasa linu. Adapun Hi-Fiber sehingga susu ini tinggi serat dan berfungsi untuk memperlancar pencernaan.

Ayo, jangan sampai di usia produktif sudah mengalami faktor U ya!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved