Generasi Platinum

Anak Kena Gangguan Saluran Cerna? Mungkin Bunda Lupa Beri Probiotik Satu Ini…

Bunda pasti cemas jika si kecil terkena gangguan saluran cerna, seperti diare, muntaber, kolik, hingga konstipasi. Untuk itu, penting bagi Bunda untuk

Anak Kena Gangguan Saluran Cerna? Mungkin Bunda Lupa Beri Probiotik Satu Ini…
Shutterstock
Gangguan saluran cerna? Jangan lupa asupan probiotikn sehari-hari. 

TRIBUNNEWS.COM – Bunda pasti cemas jika si kecil terkena gangguan saluran cerna, seperti diare, muntaber, kolik, hingga konstipasi. Untuk itu, penting bagi Bunda untuk menjaga kualitas asupan serta kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi si kecil.

Terlebih, sistem pencernaan yang sehat adalah salah satu ciri generasi platinum.

Untuk itu, selain menjaga nutrisi harian dan kebersihan asupan, Bunda juga harus memperhatikan penyebab dari gangguan saluran cerna pada anak.

Mengapa gangguan saluran cerna pada anak dapat terjadi?

Bunda, catat fakta ini. Ada sekitar 100 miliar mikrobiota atau sekitar 2 kilogram mikroflora penghuni usus yang berfungsi mengatur proses metabolisme si kecil, membantu penyerapan nutrisi di usus, dan mencegah bakteri jahat berkembang pada usus.

Baca: Manfaat Pemberian Probiotik Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Seringkali ketidakseimbangan flora usus inilah yang menyebabkan gangguan kesehatan, terutama gangguan saluran cerna, seperti diare, muntaber, disentri, kolik, hingga konstipasi.

Nah, untuk menyeimbangkan ketidakseimbangan flora usus ini, si kecil butuh probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup di dalam usus manusia yang ditambahkan dari luar dan berfungsi menyehatkan usus.

Tidak hanya untuk mencegah dan mengobati gangguan saluran cerna, probiotik juga dapat dikonsumsi sehari-hari, lho! Konsumsi harian probiotik juga dapat memaksimalkan fungsi penyerapan gizi di usus.

Dengan kata lain, probiotik juga bermanfaat untuk menciptakan generasi platinum yang bergizi baik dan bebas gangguan saluran cerna.

Menurut Head of medical Marketing Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, terdapat dua jenis probiotik yang sudah digunakan secara luas, yakni Lactobacillus dan Bifidobacterium. Melansir WebMD, kandungan utama bakteri probiotik tubuh pada bayi selama periode ASI Eksklusif adalah jenis Bifidobacterium.

Hal ini dikukuhkan oleh paparan dr. Muliaman Mansyur. “Penelitian sudah membuktikan bahwa bayi-bayi yang mendapatkan ASI memiliki kandungan Bifidobacterium yang tinggi dalam ususnya, ketimbang mereka yang mengonsumsi susu lain.”

Lantas, mana yang lebih bermanfaat, Lactobacillus atau Bifidobacterium?

Bunda, faktanya Bifidobacterium lebih bermanfaat buat si kecil dibanding Lactobacillus. Hal ini dikarenakan Bifidobacterium secara alami jumlahnya lebih dominan di usus bayi dan anak. Untuk itulah saat ini probiotik terutama Bifidobacterium penting untuk ditambahkan dan diberikan kepada Si Kecil.

Bifidobacterium yang sumbernya human residential Bifidobacterium, seperti Bifidobacterium breve, longum dan Bifidobacterium infantis, merupakan Bifidobacterium yang aman bagi tubuh Si Kecil.

Lebih lanjut, dr. Muliaman Mansyur mengatakan, “Kombinasi ketiga Bifidobacterium ini lebih dikenal dengan Triple Bifidus. Probiotik triple bifidus ini akan bekerja optimal kalau diberikan bersamaan dengan prebiotik, yang mana akan menjadi makanan buat probiotik. Ada beberapa jenis prebiotik dan salah satunya adalah GOS (galactooligosacharide).

Baca: Anak-anak di Asia Diklaim Paling Sehat, Apa Dasarnya?

Dr. Muliaman menambahkan, tiga Bifidobacterium yag dikombinasikan dengan prebiotik GOS akan memberikan manfaat yang optimal.  Semuanya bekerja sinergis untuk mencegah beberapa penyakit saluran cerna.

Fakta unik: Bifidobacterium juga baik untuk fungsi otak generasi platinum!

Penelitian juga menunjukan hubungan antara mikrobiota (probiotik) ini dengan otak yang sering disebut dengan brain gut axis. Sehingga, mikrobiota yang baik di usus ini juga akan mempengaruhi tumbuh kembang fungsi otak dan kecerdasan si kecil.

Dengan kata lain, Bifidobacterium ini akan memberi si kecil dua manfaat baik sebagai generasi platinum: meningkatkan kecerdasan seraya memaksimalkan penyerapan nutrisi yang lebih optimal.

Di mana Bunda mendapatkan Triple Bifidus yang baik untuk generasi platinum?

Salah satu ciri generasi platinum adalah pertumbuhan yang sehat pada anak. Salah satunya adalah terbebas dari gangguan saluran cerna.

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma dari Morinaga Platinum.
Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma dari Morinaga Platinum.

Untuk itu, Bunda dapat memberi Si Kecil probiotik triple bifidus yang terdapat dalam susu. Salah satu susu yang memiliki kandungan Triple Bifidus adalah Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma dari Morinaga Platinum.

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma menjaga saluran cerna anak tetap sehat dan memaksimalkan penyerapan nutrisi di usus.

Ini karena Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma mengandung Probiotik Triple Bifidus: Bifidus Longum (BB536), Bifidus Breve (M-16V) dan Bifidus Infantis (M-63) dan Prebiotik GOS yang baik untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus si kecil, sehingga mencegah gangguan saluran cerna.

Selain itu, Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma mengandung Laktoferin, AA, DHA, alfa laktalbumin, omega 3 dan 6, serta kolin, yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Dengan pencernaan yang sehat dan otak yang cerdas, Si Kecil sudah siap jadi generasi platinum! Setuju, kan, Bunda? (*)

Penulis: Bardjan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved