Tips Cegah Stunting

5 Makanan Ini Atasi Mual dan Muntah di Masa Hamil

Sejumlah cara bisa Anda lakukan untuk mengurangi mual di masa hamil, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki aroma dan rasa yang segar.

5 Makanan Ini Atasi Mual dan Muntah di Masa Hamil
Envato
Ilustrasi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah. 

TRIBUNNEWS.COM – Morning sickness kerap dikeluhkan ibu hamil di trimester pertama. Kondisi ini membuat Anda sering mengalami mual dan muntah, sehingga menyebabkan tubuh kehilangan nutrisi penting yang akan berdampak pada kesehatan janin.

Mual selama kehamilan diakibatkan defisiensi magnesium. Bisa juga karena produksi hormone chorionic gonadotropin (HCG), yang dihasilkan tubuh setelah sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim.

Sejumlah cara bisa Anda lakukan untuk mengurangi mual di masa hamil, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki aroma dan rasa yang segar.

Cokelat Hitam

Dilansir dari Parents, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi satu ons cokelat untuk menekan rasa mual. Karena gula yang berlebihan tidak baik bagi tubuh, sebaiknya konsumsi cokelat hitam, dengan 70 persen atau lebih kandungan coklat.

Mengapa? Cokelat kaya akan mineral magnesium, setidaknya terdiri dari 64 mg magnesium. Asupan magnesium ini berperan untuk mengurangi rasa mual dan meningkatkan nafsu makan.

Jahe

Ahli kesehatan Kelly Jones dan Lori Nedescu telah membuktikan khasiat jahe yang efektif mengurangi morning sickness. Hal ini disebabkan kandungan senyawa aktif 6-gingerol pada jahe yang diketahui bisa mengendurkan otot gastrointestinal (saluran pencernaan).

2 gram jahe mentah adalah dosis yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Pastikan Anda tidak meminumnya dengan perut kosong.

kalbe-161219-1
Jahe.

Lemon

Lemon mengandung asam sitrat, senyawa alami yang membantu pencernaan dan menenangkan perut. Konsumsi lemon setelah sarapan atau siang hari. Anda bisa kombinasikan potongan buah ini ke dalam air mineral.

Stroberi

Bukan cuma karena rasa yang menyegarkan, stroberi juga kaya akan vitamin B6 sehingga dapat mengurangi efek morning sickness pada masa kehamilan. Buah ini juga memiliki vitamin C yang tinggi, sehingga dikenal baik dapat meningkatkan sistem imun badan. Ibu hamil pun terhindar dari flu dan pilek

Yogurt

Masih merasa mual? Sebaiknya konsumsi yogurt dengan rasanya yang segar sehingga mengurangi mual dan muntah di pagi hari. Ditambah lagi, ada begitu banyak manfaat yogurt yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Yogurt mengandung asam folat yang dapat mencegah bayi mengalami masalah saraf dan motorik. Vitamin D dalam yogurt juga mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin dengan mempertahankan level kalsium dan fosfor yang cukup.

Konsumsi lima makanan di atas untuk mengurangi morning sickness di pagi hari. Agar lebih praktis, minum PRENAGEN yogurt Strawberry Blush, yaitu susu bubuk berbahan dasar fermentasi (acidified milk) rasa stroberi yang dapat mengatasi rasa mual dan muntah.

kalbe-161219-2
Prenagen yogurt Strawberry Blush.

PRENAGEN yogurt memastikan kelengkapan nutrisi kehamilan yang Anda butuhkan karena kaya akan vitamin B6 dan protein, mengandung asam folat dan zat besi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin, serta kalsium dan vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi.

Larutkan dengan air dingin, agar minum susu semakin menyegarkan.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved