Bye Bye Kolesterol

Resolusi Tahun Baru: Hidup Sehat Bebas Kolesterol Jahat

Menjelang tahun baru kita semangat membuat resolusi tahunan. Sayangnya, banyak yang lupa untuk membuat resolusi gaya hidup sehat.

Resolusi Tahun Baru: Hidup Sehat Bebas Kolesterol Jahat
Shutterstock
Ilustrasi resolusi tahun baru 

TRIBUNNEWS.COM - Menjelang tahun baru kita semangat membuat resolusi tahunan. Baik itu resolusi keuangan, hubungan, atau penampilan. Sayangnya, banyak yang lupa untuk membuat resolusi gaya hidup sehat. Tanpa kita sadari setiap tahunnya tubuh menumpuk racun dan lemak, yang jika diabaikan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Penting untuk menerapkan pola hidup sehat agar mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan jantung koroner. Tertarik memperbaiki gaya hidup Anda, khususnya menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh? Sebagai panduan, coba metode TANGKAL, yaitu 7 langkah tepat yang dapat menghindarkan Anda dari kolesterol tinggi.

Periksa kolesterol setahun sekali

Jangan tunggu sampai kadar kolesterol meninggi, baru deh kita konsultasi ke dokter. Setidaknya sempatkan diri untuk periksa kolesterol setahun sekali. Sebelum lakukan tes, pastikan Anda tidak makan atau minum apapun (air mineral masih diperbolehkan) selama 9-12 jam agar tidak mempengaruhi hasil tes.

Protein hewani dan nabati seimbang

Angka kecukupan gizi memang berbeda-beda berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin dan kondisi fisiologis. Namun, ada enam komponen yang penting bagi tubuh agar gizi seimbang dapat terpenuhi, yaitu kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat, dan air.

Makanan tinggi lemak jenuh sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. The American Heart Association mengungkapkan, sebaiknya seseorang mengonsumsi lemak jenuh hanya 13 gram per hari. Kebanyakan asupan makanan tinggi lemak jenuh berasal dari protein hewani.

Imbangi dengan sayuran-sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan serat.

Hindari rokok dan minuman alkohol

Bagaimana rokok bisa menyebabkan kadar kolesterol meningkat? Ternyata nikotin pada rokok dapat meningkatkan kadar trigliserida yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan berujung serangan jantung dan strok. Begitu pula dengan minuman alkohol yang dapat membuat tubuh mengalami pembekuan darah.

kalbe-291219-1
Asupan gizi.

Rutin olahraga

Kalau Anda merasa sulit untuk melakukan olahraga berat, Anda bisa memulainya dengan aktivitas ringan selama 10 menit. Dalam jurnal Neuropsychologia, hanya dengan 10 menit aktivitas fisik dapat meningkatkan kemampuan otak untuk beberapa saat setelahnya.

Studi lain dari The Lancet menunjukkan kalau olahraga minimal selama sekitar 15 menit tiap hari, cukup untuk orang yang ingin sehat. Lebih baik sedikit-sedikit tapi rutin, kan?

Relaks, jangan stres

Meski secara tidak langsung, stres dapat mengakibatkan kadar kolesterol LDL meningkat. Ahli medis Pamela Warren, MS, CHHN menjelaskan, ketika kita stres maka tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Salah satu upaya menurunkan stres adalah dengan berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga seperti aerobik yang dilakukan rutin berhubungan dengan penurunan aktivitas saraf simpatik dan hypothalamic-pituitary-adrenal, yaitu sistem tubuh yang bertanggung jawab untuk merespon stres dan menimbulkan perubahan fungsi tubuh akibat stres. Melakukan olahraga rutin juga sama dengan melatih tubuh untuk merespon stres lebih baik, termasuk merespon dalam hal perubahan fungsi dan fisiologis tubuh.

Awasi tekanan darah

Kolesterol dan tekanan darah selalu berhubungan. Ketika lemak menumpuk dan membuat darah tersumbat di dinding pembuluh darah, aliran darah menjadi tidak lancar. Alhasil jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

Konsumsi asupan PSE (Plant Stanol Ester)

PSE atau Plant Stanol Ester merupakan senyawa pada biji gandum, sayuran dan buah yang menjadi senjata utama dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Sayangnya, kandungan PSE yang terkandung dalam sayuran dan buah amat sedikit, yakni hanya sekitar 100 miligram. Sedangkan asupan PSE yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol jahat adalah 3 gram per hari.

Nah, kamu bisa melengkapi pola hidup TANGKAL ini dengan mengonsumsi Nutrive Benecol. Smoothies enak rasa buah yang terbuat dari bahan alami ini telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi hingga 7-10% dalam 2-3 minggu berkat kandungan PSE-nya.

kalbe-291219-2
Nutrive Benecol.

Selalu ada cara enak untuk turunkan kolesterol. Mari sambut 2020 dengan hidup sehat!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved