Kebaikan Multigrain

Alasan Mengapa Bule Lebih Rajin Konsumsi Gandum

Multigrain yang satu ini merupakan sumber karbohidrat baik yang mengandung lebih banyak serat, protein, vitamin, dan mineral.

BizzInsight
Alasan Mengapa Bule Lebih Rajin Konsumsi Gandum
Shutterstock
Apa saja manfaat gandum sehingga bule rajin mengonsumsinya? 

TRIBUNNEWS.COM – Bicara soal kesehatan, gandum selalu menarik untuk dibahas. Multigrain yang satu ini merupakan sumber karbohidrat baik yang mengandung lebih banyak serat, protein, vitamin, dan mineral.

Seperti diketahui, Australia merupakan produsen gandum terbesar keempat di dunia. Komoditas gandumnya kini masuk ke pasar Asia, salah satunya Indonesia yang mulai digunakan sebagai bahan makanan utama.

Pasalnya, kandungan karbohidrat gandum lebih rendah dibandingkan padi. Secara rinci, USDA menyebutkan, karbohidrat per 100 gram (gr) gandum hanya mencapai 71,97 gr dan padi 79,15 gr.

Selain itu, manfaat apa saja sih yang terdapat di gandum?

Gandum memiliki ragam manfaat lainnya, yaitu kaya serat sehingga baik untuk menjaga kolesterol dalam tubuh. Zat ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga tidak terjadi konstipasi dan berat badan pun tetap normal.

Dilansir Harvard.edu, kandungan seratnya berfungsi untuk memelihara jantung dan menstabilkan gula darah.

Gandum juga mengandung protein yang tinggi. Kandungan ini berperan dalam pembentukan imunoglobulin atau antibodi, yang berfungsi untuk melawan infeksi. Selain itu, protein membantu pembentukan kerangka struktur tubuh agar saling berkait.

Gandum.
Gandum. (Shutterstock)

Dilansir dari Harian Kompas, gandum dimanfaatkan sebagai alternatif makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi para atlet luar negeri yang berkompetisi di olimpiade dunia. Membutuhkan kekuatan otot yang besar, seorang atlet memerlukan asupan protein lebih banyak.

Selanjutnya, gandum juga mengandung banyak vitamin dan mineral diantaranya vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium.

Dengan banyaknya kandungan gizi di dalam gandum, sebaiknya mulai ganti sumber karbohidrat Anda. Begitupun saat waktu ngemil, pilih camilan sehat yang membuat Anda kenyang lebih lama dan baik untuk jantung.

Fitbar, cemilan sehat yang dibuat dari komposisi Australian oats dan corn flakes, hanya mengandung 90 kkal per saji sehingga ngemil kamu tetap menyehatkan!

Sama seperti gandum Australia, biji jagung memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Selain mengandung serat, jagung mengandung, vitamin B12, asam folat, zat besi yang menghindarkan Anda dari anemia.

Selain fruits, chocolate, dan nuts, Fitbar kini hadir dengan rasa baru, Fitbar Tiramisu yang terbuat dari ekstrak kopi asli!

fitbar tiramisu
Fitbar rasa baru: Fitbar Tiramisu.

Snack juga bisa jadi amunisi penting tubuh untuk aktivitas sepanjang hari. Yuk, cerdas memilih camilan!

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved