Kebaikan Multigrain

Riset: Orang Sulit Konsumsi Makan Sehat Karena Gen

Ternyata ada penelitian yang membuktikan mengapa seseorang bisa sangat tidak suka dengan makanan sehat.

BizzInsight
Riset: Orang Sulit Konsumsi Makan Sehat Karena Gen
Shutterstock
Ternyata ada penelitian yang membuktikan mengapa seseorang bisa sangat tidak suka dengan makanan sehat. 

TRIBUNNEWS.COM – Kamu tidak suka makan sayur dan buah? Ternyata ada penelitian yang membuktikan mengapa seseorang bisa sangat tidak suka dengan makanan sehat.

Temuan survei Dr. Jeremy Wolf yang dikutip dari New York Post menunjukkan, 42 persen responden merasa dirinya sulit mengkonsumsi makanan sehat karena godaan junk food di gerai-gerai pusat perbelanjaan. Mereka juga sudah membayangkan, rasa makanan sehat yang tidak enak.

Survei kedua yang dilakukan oleh University of Kentucky, mengungkapkan seseorang bisa begitu sulit makan sayur dan buah karena gen tertentu di dalam tubuh, membuat senyawa dalam beberapa sayuran terasa pahit.

Manusia dilahirkan dengan dua salinan gen rasa. Mereka yang mewarisi satu salinan AVI dan satu salinan PAV sangat sensitif dan menemukan makanan sehat sangat pahit. Tentunya ketidakberuntungan ini berdampak tidak baik pada kesehatan, salah satunya risiko penyakit jantung yang cukup tinggi.

fitbar-280120-1
Gandum.

Apabila kamu termasuk mereka yang memiliki gen di atas, sebaiknya imbangi asupan gizi dengan makanan sehat lainnya. Gandum, misalnya.

Multigrain ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan seratnya berfungsi untuk memelihara jantung dan menstabilkan gula darah. Kamu pun terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Gandum juga mengandung protein yang tinggi. Kandungan ini berperan dalam pembentukan imunoglobulin atau antibodi, yang berfungsi untuk melawan infeksi. Selain itu, protein membantu pembentukan kerangka struktur tubuh agar saling berkait.

Bicara tentang vitamin dan mineral penting lainnya, gandum mengandung vitamin B1 yang menjaga sistem saraf dalam tubuh, B2 yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, B3 dan B5 yang mampu mengolah zat menjadi energi, B9 untuk keseimbangan sel darah merah, serta kalsium yang baik untuk tulang. Penuh dengan kandungan gizi, bukan?

Jika tidak bisa menjadikan gandum sebagai makanan utama, setidaknya konsumsi dalam bentuk camilan. Tidak semua gandum terasa hambar.

Fitbar, cemilan sehat yang dibuat dari komposisi Australian oats dan corn flakes, hadir dalam berbagai varian rasa: fruits, chocolate, dan nuts. Bagi yang suka sekali dengan kopi, kini hadir varian rasa baru Fitbar Tiramisu yang terbuat dari ekstrak kopi asli!

Fitbar rasa baru: Fitbar Tiramisu.
Fitbar rasa baru: Fitbar Tiramisu. (dok. Kalbe Store)

Gandum Australia dan biji jagung dalam camilan ini, memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Selain mengandung serat, keduanya mengandung, vitamin B12, asam folat, dan zat besi.

Kini, selalu ada cara untuk konsumsi makanan sehat.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved