Kebaikan Multigrain

Ngemil Saat Nonton TV Baik Kok, Asal Enggak Tinggi Kalori

Saat menonton film, kita cenderung tidak fokus dan sulit untuk berhenti makan. Hasilnya, tubuh mengonsumsi 65 persen kalori lebih banyak dari biasanya

BizzInsight
Ngemil Saat Nonton TV Baik Kok, Asal Enggak Tinggi Kalori
Shutterstock
Penelitian menyebutkan kalau ngemil sambil nonton TV bisa menimbulkan penyakit. Selalu ada cara untuk mengatasinya. Cek tips-tips di bawah ini! 

TRIBUNNEWS.COM – Penelitian dari Cornell University, USA menghubungkan keterkaitan antara menonton TV dengan kebiasaan ngemil, yang ternyata bisa menimbulkan penyakit.

Saat menonton film, kita cenderung tidak fokus dan sulit untuk berhenti makan. Hasilnya, tubuh mengonsumsi 65 persen kalori lebih banyak dari biasanya. Rupanya hal ini tidak hanya terjadi ketika kita nonton TV, melainkan juga saat bermain smartphone.

Dalam Journal Appetite tahun 2015, serangkaian penelitian telah menguji 39 perempuan yang makan sambil bermain gadget ternyata terus merasa lapar setelahnya. Pasalnya, gangguan terjadi pada otak manusia untuk melupakan makanan yang sedang ia konsumsi. Rasa lapar pun bisa dengan mudah menyerang.

Jika dibiarkan, tubuh bisa mengalami obesitas dan berujung penyakit jantung.

Lalu, apakah berarti kita tidak boleh ngemil sambil nonton TV?

Boleh kok, boleh. Yang penting kita tahu mana cemilan yang baik untuk tubuh. Lagipula snacking atau ngemil sebenarnya masih diperlukan tubuh untuk meningkatkan kelancaran metabolisme.

Selain itu, berdasarkan penuturan ahli The Institute of Food Technologists di New Orleans, selama mengonsumsi snack sehat secara teratur akan menghindarkan kamu dari overeating menjelang makan makanan utama.

kalbe-030320-1
Salah satu cemilan sehat, snack bar.

Sebaiknya konsumsi cemilan sehat yang kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral, seperti multigrain misalnya. Multigrain merupakan makanan yang menggabungkan beragam jenis beras, gandum, biji-bijian, hingga kacang-kacangan, dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satunya adalah menurunkan kolesterol dalam darah. Melansir WebMD, biji-bijian seperti oat meal dan oat bran mengandung serat larut air yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebelum diserap tubuh, serat larut air akan membersihkan partikel kolesterol di sistem pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum diserap oleh usus.

Tidak hanya kaya akan serat, multigrain juga mengandung antioksidan yang dapat memelihara kesehatan tubuh kamu dengan menangkal radikal bebas sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit ketika cuaca kian ekstrem atau kelelahan setelah bepergian.

Tidak semua orang suka makan biji-bijian karena rasanya yang hambar. Fitbar, cemilan sehat yang dibuat dari komposisi Australian oats dan corn flakes, hadir dalam berbagai varian rasa: fruits, chocolate, dan nuts. Bagi yang suka sekali dengan kopi, kini hadir varian rasa baru Fitbar Tiramisu yang terbuat dari ekstrak kopi asli!

Fitbar rasa baru: Fitbar Tiramisu.
Fitbar rasa baru: Fitbar Tiramisu. (dok. Kalbe Store)

Hanya mengandung 90 kkal per saji, Fitbar mengandung sumber vitamin A, B12 dan C, juga tinggi kalsium.

Ngemil  saat nonton TV itu baik, selama kamu tahu mana snack yang baik untuk tubuh dan tidak.

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved