Tips Ibu Hamil

Tips dan Trik untuk Ibu Hamil, Bekerja Tetapi Janin Tetap Sehat

Supaya pekerjaan berjalan lancar dan selesai tepat waktu tanpa merasa adanya gangguan, berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan.

BizzInsight
Tips dan Trik untuk Ibu Hamil, Bekerja Tetapi Janin Tetap Sehat
Shutterstock
Ilustrasi wanita hamil yang tengah bekerja. 

TRIBUNNEWS.COM – Saat hamil mau tak mau kondisi tubuh dan psikis berubah. Rasa mual yang selalu datang setiap pagi, tubuh yang cepat lelah, suasana hati yang naik turun, sering buang air kecil, dan kesulitan mengatur pola makan menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang masih aktif bekerja.

Supaya pekerjaan berjalan lancar dan selesai tepat waktu tanpa merasa adanya gangguan, berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan.

Jangan Berdiam Diri di Kursi Kerja

Menurut situs Stanford Children Health, selama kehamilan, sakit leher, punggung, dan pundak sering dialami ibu hamil, terutama jika terlalu lama duduk di kursi kerja. Untuk menghindari hal ini, seringlah berdiri dan berjalan untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi bengkak di bagian kaki.

Tak hanya itu saja, saat duduk gunakanlah bantal sebagai sandaran punggung, posisikan tangan dan lengan secara benar ketika menggunakan komputer. Jangan pernah sekalipun menyilangkan kaki karena hal ini dapat memperlambat peredaran darah.

Pola Makan Sehat

Saat hamil apapun yang dimakan terkesan sangat penting. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, makanan yang dikonsumsi haruslah bergizi dan sehat, serta meliputi lima jenis makanan yakni, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, makanan protein (daging telur, kacang-kacangan, dan olahan kedelai), dan susu.

Agar aman hindarilah makanan mentah pada trimester pertama. Selain makan besar tiga kali sehari, camilan sehat dua kali sehari sangatlah dianjurkan untuk mencukupi asupan gizi saat hamil.

prenagen-090320-1
Kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Atasi Rasa Lelah

Ingat, saat hamil jangan paksakan diri terlalu keras untuk bekerja. Ketika hamil, hormon progesteron cenderung meningkat dan bisa menyebabkan rasa lelah. Maka dari itu, sebisa mungkin sempatkan diri untuk tidur siang, atau cobalah tidur 8 jam setiap malamnya.

Tetap Merasa Nyaman

Kenyamanan adalah prioritas utama bagi ibu hamil, terutama ketika bekerja. Soal pakaian misalnya. Gunakan baju yang lebih longgar dan sepatu dengan sol rata. Untuk celana, pilihlah yang menggunakan karet pada bagian pinggang atau celana khusus hamil.

Tak usah ragu mengkomunikasikan ketidaknyamanan kepada atasan untuk mengurangi pekerjaan yang membutuhkan aktivitas fisik berlebih. Seperti mengangkat barang berat atau berjalan terlalu lama.

Atur Stres

Stres saat hamil jika tidak dikelola dengan baik bisa berakibat fatal. Untuk mengatasinya, banyak cara yang bisa dilakukan. Istirahat yang cukup, rutin mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan meditasi juga bisa dilakukan untuk membantu meredakan stres yang dirasakan.

Namun jika cara-cara tersebut tidak juga berhasil, mintalah bantuan profesional untuk membantu meredakan rasa stres yang ada.

Minum Minuman Hangat dan Menyegarkan

Salah satu cara mengatasi mual adalah dengan mengasup minuman tertentu. Ada yang merasa lebih enak setelah mengasup minuman hangat dan menyegarkan. Namun tidak sembarang minuman, Anda tentu membutuhkan snacking drinking yang bernutrisi dan baik untuk janin.

Ketika bekerja dan tak punya banyak waktu luang, snacking nutrisi kehamilan bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi PRENAGEN UHT Almond Soya.

prenagen-090320-2
Prenagen UHT Almond Soya.

Minuman ini punya banyak manfaat karena mengandung asam folat, zat besi, vitamin D3, dan kalsium. Memiliki kemasan yang praktis, minuman ini dapat memenuhi kebutuhan gizi tanpa perlu merasa repot sama sekali.

PRENAGEN UHT Almond Barley Soya yang rendah lemak ini dapat dikonsumsi di setiap tahap kehamilan, mulai dari persiapan, hamil, hingga menyusui. Asyiknya lagi minuman ini nikmat dikonsumsi saat dingin, sehingga pas bagi ibu hamil yang sering merasa mual.

Dengan menerapkan pola makan sehat, anti stres dan tetap merasa nyaman, janin pun semakin sehat meski bekerja di tengah hamil sekalipun.

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved