Kebaikan Multigrain

Supaya Ngemil Happy, Psikolog Beberkan 5 Tips Agar Tetap Terkontrol

Tenang, sebenarnya wajar kok kalau tubuh butuh ngemil. Faktanya, menurut pakar gizi, tubuh kita membutuhkan camilan setidaknya dua kali sehari.

BizzInsight
Supaya Ngemil Happy, Psikolog Beberkan 5 Tips Agar Tetap Terkontrol
Shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Kamu sering merasa bersalah sehabis ngemil? Tenang, sebenarnya wajar kok kalau tubuh butuh ngemil. Faktanya, menurut pakar gizi, tubuh kita membutuhkan camilan setidaknya dua kali sehari.

Agar tidak merasa bersalah, pastikan kamu tahu dulu apa fungsi ngemil untuk kesehatan. Selain dapat memberi cadangan energi ekstra, camilan juga bisa menghindari kita overeating ketika makan besar. 

Supaya ngemil tetap terkontrol, Psikolog Klinis Tara de Thouras kasih kamu tips nih biar ngemil tetap happy.

Jangan abaikan sinyal tubuh

Ketika kamu tiba-tiba ingin makan, bukan berarti kamu merasa lapar. Mungkin saja sebenarnya kamu merasa dehidrasi. Maka dari itu, kenali bagaimana tubuhmu memberi sinyal.

Misalnya saja, perhatikan bagaimana mulutmu memberikan sinyal. Ketika mulut menunjukan rasa kering tetapi perut terasa penuh, artinya tubuh butuh minum.

Pastikan emosi terkontrol

Sebagian orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menghadapi tekanan. Kalau kamu tipe yang ngemil saat stres, sebaiknya tenangkan pikiran dulu. Tarik nafas dan biarkan diri kamu rileks. Ketika kamu rasa emosi yang memuncak mulai reda, baru pikirkan apakah kamu benar-benar merasa ingin ngemil.

Banyak yang ngemil dilakukan dalam keadaan tidak stabil sehingga malah membuat mereka merasa bersalah.

Nikmati waktu ngemil sebaik-baiknya

Tidak perlu terburu-buru ketika waktu snacking tiba. Gunakan semua panca indra untuk menikmati sajian yang ada. Ketika kita fokus dan menikmati camilan yang kita makan, kita akan merasa bahagia dan rasa lapar cenderung lebih lama datang.

kalbe-210320-1

Berhenti sejenak

Perlu waktu 10-15 menit untuk perut kita mengirim sinyal ke otak, bahwa perut kita sudah kenyang atau penuh. Itu sebabnya ketika makan terburu-buru maka perut masih terasa lapar.

Setelah makan, bersyukur

Setelah makan, jangan lupa untuk ungkapkan rasa syukur. Bagaimanapun kamu masih bisa punya kesempatan untuk merasakan makanan enak, sehingga tidak perlu merasa menyesal ketika makan.

Terakhir, pastikan kamu memilih camilan yang tepat. Tentunya akan baik untuk tubuh, jika kita memilih camilan yang mengandung serat tinggi, kaya vitamin dan mineral.

Terbuat dari komposisi Australian oats dan corn flakes, Fitbar merupakan pilihan camilan yang tepat karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama serta memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Fitbar mengandung vitamin A, B12, C, serta kalsium yang tinggi di setiap kemasannya. Yang paling penting, kamu bisa snacking dengan happy karena Fitbar tersedia banyak rasa, mulai dari fruits, chocolate, nuts, dan rasa baru tiramisu.

Fitbar Tiramisu.
Fitbar Tiramisu. (Kalbe)

Selalu sayangi dirimu  dengan memberikan asupan yang baik untuk tubuh. Jangan lupa bahagia ya!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved