Breaking News:

Aman di Lambung

Lebih Aman, Cara Mengobati Sakit Lambung Secara Alami

Bagaimana cara mengobati sakit lambung secara alami? Konsumsi lima obat herbal berikut ini.

Shutterstock
Ilustrasi bahan-bahan herbal. 

TRIBUNNEWS.COM – Terasa sakit dan nyeri di bagian lambung? Itu tandanya gangguan lambung mulai menyerang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Kementerian Kesehatan, penyakit lambung menyerang setidaknya 41 persen masyarakat Indonesia. 

Tak pelak tingginya angka penyakit ini berujung pada kematian. Pasalnya, masih banyak yang menyepelekan gangguan lambung karena gejala penyakit yang tidak memberi tanda serius.

Dilansir dari Klikdokter, gangguan lambung sendiri bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari infeksi bakteri H.pylori; mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein secara berlebihan, pola makan tidak teratur, serta nutrisi yang tidak terserap dengan baik oleh usus halus. 

Ada banyak cara mengobati gangguan lambung, namun sebagian besar memilih untuk menggunakan racikan herbal karena aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Lalu, bagaimana cara mengobati sakit lambung secara alami? Konsumsi lima obat herbal berikut ini.

Kunyit

Asam lambung dan GERD (gastroesophageal reflux) terjadi akibat peradangan dan stres oksidatif yang terjadi di area lambung.

Menurut jurnal Turmeric (curcumin) remedies gastroprotective action ditemukan kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi - bahan aktif kurkumin - yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya peradangan tersebut. 

Jahe Merah

Diketahui ada segudang manfaat jahe merah untuk tubuh. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mampu mengatasi masalah lambung. Di antaranya dapat menghilangkan rasa mual, memecah gas dalam saluran pencernaan, meningkatkan pengosongan lambung dan kontraksi lambung bagian bawah secara efektif.

Maka dari itu, konsumsi jahe merah secara rutin sangat dianjurkan bagi penderita gangguan lambung. Anda bisa konsumsi produk yang mengandung jahe merah.

Madu

madu obat herbal

Berdasarkan penelitian yang termuat dalam jurnal Honey, Propolis, and Royal Jelly: A Comprehensive Review of Their Biological Actions and Health Benefits terungkap jika madu dapat menghambat H.pylori yang menyebabkan gangguan lambung.

Dijabarkan juga dalam sebuah survei secara klinis, madu dapat mengurangi sekresi asam lambung dan dapat meningkatkan efek penyembuhan pada lambung. 

Tidak hanya itu, madu dapat menguatkan sistem imun tubuh dan menjadi sumber energi yang baik.

Adas

Melansir situs azcentral.com, menurut penelitian dalam Phytotherapy Research edisi November 2005 disebutkan jika biji adas mampu menghambat pertumbuhan bakteri H.pylori yang menjadi salah satu penyebab penyakit lambung, khususnya gangguan lambung.

Akar manis

Salah satu bahan obat herbal tertua di dunia ini punya khasiat untuk mengatasi gangguan lambung loh, terutama yang disebabkan bakteri H.pylori. 

Diungkapkan healthline, penelitian dilakukan terhadap 120 orang yang mengkonsumsi ekstrak akar manis selama dua minggu, ditemukan jika bakteri H.pylori pada lambung cenderung berkurang.

Karena tidak memberikan efek samping dan efektif memulihkan tubuh, obat herbal makin digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. 

Sayangnya, di era mobilisasi yang tinggi ini, tentu repot bila harus mengolah bahan-bahan alami tersebut. Apalagi di pandemi ini, kita harus menghindari keramaian, baik di pusat perbelanjaan atau mal.

Promag Herbal bisa menjadi solusi praktis untuk Anda yang mengalami gangguan lambung. Terbukti terbuat dari bahan alami dan mampu mengatasi gangguan lambung, Promag Herbal mengandung kunyit, jahe merah, madu, adas, dan akar manis.

promag herbal gazero

Praktis dan siap minum, Promag Herbal dapat menghangatkan perut, meredakan gangguan lambung seperti mual, muntah, nyeri ulu hati dan kembung. Anda bisa meminumnya langsung atau seduh dengan air hangat.

Agar mendapatkan khasiatnya, konsumsi satu sachet tiga kali sehari. Produk ini pun bisa didapatkan di apotek terdekat, minimarket, atau di toko online.

Saatnya beralih ke obat herbal dan rasakan manfaat alaminya!

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved