Breaking News:

Apa Saja Nutrisi Makro dan Mikro dalam Susu Ibu Menyusui?

PRENAGEN sedang bagi-bagi hadiah untuk Anda yang ingin mendapatkan hadiah dengan total Rp1,5 juta!

Shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Memasuki periode menyusui, Anda tentu akan lebih giat memperhatikan asupan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas air susu ibu (ASI) demi tumbuh kembang Si Kecil.

Melansir Klikdokter, kebutuhan gizi ibu menyusui terbagi menjadi dua, yakni nutrisi makro dan nutrisi mikro. Kategori nutrisi makro adalah karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat. Sedangkan nutrisi mikro adalah vitamin, mineral, dan zat-zat penting lainnya.

Mengenal nutrisi makro dan mikro untuk ibu menyusui

Nutrisi makro dibutuhkan untuk sumber energi ibu menyusui. Berikut daftar sekaligus manfaat nutrisi makro.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah penyumbang energi terbesar bagi ibu menyusui yang penting untuk dipenuhi. Tak hanya nasi, Anda bisa memilih sumber karbohidrat kompleks lainnya yang lebih sehat dari singkong, pasta, ubi, dan jagung.

Protein

Protein adalah sumber energi tambahan yang mampu mendorong produksi hormon dalam tubuh. Melansir US News Health, protein juga sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan dan sel-sel organ tubuh baik untuk ibu maupun bayi. Selain itu, protein juga mampu mempercepat reproduksi ASI.

Lemak

Lemak yang sehat, seperti minyak zaitun, minyak jagung, serta omega 3 merupakan salah satu komponen penyusun ASI. Lemak yang sehat berkontribusi terhadap perkembangan sistem saraf bayi dan bisa menambah berat badan bayi.

Sedangkan nutrisi mikro, yakni vitamin dan mineral, juga penting untuk melengkapi nutrisi harian Anda dan Si Kecil, terutama dalam menunjang pertumbuhan organ bayi yang tengah dalam proses pembentukan.

Zat besi

Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, perkembangan otak Si Kecil, dan mencegah ibu dari anemia selama menyusui. Ibu menyusui memerlukan kurang lebih 27 mg zat besi setiap harinya, yang bisa didapat dari sayuran hijau, gandum, daging merah, hati, dan sereal. Selain itu, zat besi juga sangat penting untuk mencegah pendarahan pasca melahirkan.

Kalsium

Kalsium sangat krusial untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Nutrisi ini juga baik untuk menjaga dan mempertahankan kepadatan tulang ibu menyusui.

“Pada ibu menyusui, pemasukan kalsium berkurang dan tentu akan mempengaruhi kondisi ibu, sehingga risiko osteoporosis lebih tinggi pada kelompok ibu hamil dan ibu menyusui,” ujar dr. Muliaman.

Vitamin D

Vitamin D sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyerapan kalsium ibu dan bayi, sehingga dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil.

Kadar vitamin D dalam ASI sangat dipengaruhi oleh vitamin yang dikonsumsi ibu. Ibu disarankan untuk mengonsumsi vitamin D sebanyak 4.000-6.400 IU per hari.

AA, DHA, Omega 3, dan 6

Tak hanya saat hamil, AA, DHA, serta omega 3, dan 6 adalah serangkaian nutrisi mikro yang baik untuk perkembangan otak si buah hati saat menyusui, terutama sejak awal kehamilan hingga anak berusia 12 tahun.

DHA, misalnya, memiliki peran penting dalam struktur dan fungsi jaringan saraf, khususnya perkembangan otak bayi. Sedangkan AA sangat vital untuk perkembangan imunitas, pembekuan darah, dan berbagai fungsi vital lain pada Si Kecil.

Mengapa nutrisi makro dan mikro sama-sama penting untuk busui?

Nutrisi makro dan mikro sama-sama penting untuk mendukung kesehatan ibu.

Jumlah nutrisi makro di atas harus dikonsumsi secara tepat dan seimbang, sebab proses penyerapan nutrisi mikro yang efektif membutuhkan nutrisi makro. Inilah mengapa nutrisi makro dan mikro saling berkaitan dalam mengoptimalkan nutrisi selama menyusui.

Misalnya, untuk penyerapan vitamin D dan kalsium, dibutuhkan karbohidrat yang cukup. Penyerapan DHA, omega 3, dan omega 6 membutuhkan nutrisi makro lemak. Sedangkan untuk penyerapan vitamin B dan zat besi dibutuhkan protein.

Agar kedua nutrisi tersebut tepat dan seimbang, asupan ibu perlu didukung oleh susu ibu menyusui, seperti PRENAGEN lactamom.

Dengan beragam kandungan nutrisi yang lengkap, seperti kalsium, zat besi, vitamin D, magnesium, fosfor, insulin, dan kalsium, PRENAGEN lactamom membantu memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro ibu selama periode menyusui.

PRENAGEN lactamom yang diformulasikan khusus untuk busui ini juga mampu menjaga kepadatan tulang, membantu perkembangan tulang, dan menjaga kesehatan pencernaan anak. Tak kalah penting, kandungan DHA, serta omega 3, juga dapat membantu pertumbuhan otak bayi agar lebih optimal.

Hadir dengan rasa French Vanilla, Velvety Chocolate, dan Groovy Mocha, PRENAGEN lactamom tersedia dalam ukuran 200 gram dan 400 gram yang dapat dikonsumsi dua kali sehari. Tak hanya kaya nutrisi, susu ibu menyusui ini juga dapat melancarkan produksi ASI.

Selain memberikan nutrisi yang tepat dan seimbang, PRENAGEN juga sedang bagi-bagi hadiah untuk Anda yang ingin mendapatkan hadiah dengan total Rp1,5 juta! Caranya gimana? Jawab kuis dengan klik banner di atas, lalu ikuti syarat di bawah ini:

1. Peserta yang mengikuti kuis ini merupakan Warga Negara Indonesia.

2. Wajib Follow Akun Instagram @tribunnews @prenagenworld.

3. Peserta yang mengikuti kuis ini harus mengisi pertanyaan kuis dan data diri dengan lengkap.

4. Pemilihan pemenang bersifat mutlak dari Kalbe dan Tribunnews, tidak dapat diganggu-gugat.

5. Pajak ditanggung pemenang.

Data diri peserta dijamin kerahasiaannya oleh pihak Kalbe dan Tribunnews. Dengan mengikuti seluruh ketentuan, maka kamu otomatis menjadi peserta dan berkesempatan untuk menjadi pemenang.

Psstt, butuh bantuan jawaban kuis? Cari jawabannya di artikel ini!

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved