Breaking News:

Susu Cair

Manfaat Serat Pangan untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Untuk mendukung kegiatan aktif harian Si Kecil, penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan dan daya tubuh anak.

BizzInsight
Shutterstock
Saluran pencernaan yang sehat tentunya akan membantu penyerapan nutrisi termasuk yang diperlukan untuk kekebalan tubuh anak. 

TRIBUNNEWS.COM - Untuk mendukung kegiatan aktif harian Si Kecil, penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan dan daya tubuh anak.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang kerap tidak tahu caranya dan alhasil malah membatasi kegiatan anak agar ia tidak mudah jatuh sakit. Padahal di masa pertumbuhannya, Si Kecil membutuhkan banyak aktivitas fisik yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.

Menjaga daya tahan tubuh anak sebenarnya tidak sulit, salah satunya bisa dengan menjaga kesehatan pencernaan anak. Bagaimana kaitannya dengan sistem imun tubuh?

Berdasarkan penjelasan dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals, saluran pencernaan yang sehat tentunya akan membantu penyerapan nutrisi termasuk yang diperlukan untuk kekebalan tubuh anak.

“Saluran cerna merupakan salah satu organ dalam tubuh si Kecil yang mempunyai fungsi pertahanan tubuh terbesar terhadap infeksi, baik bakteri atau virus,” ungkapnya.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk pencernaan dan menjaga daya tahan tubuh adalah serat pangan inulin. Termasuk jenis serat pangan larut, inulin adalah sejenis serat dan digolongkan dalam prebiotik dari jenis karbohidrat rantai panjang alami, yang berasal dari chicory root (sejenis umbi-umbian)

“Inulin berfungsi sebagai serat dan makanan yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menjaga keseimbangan mikroflora (bakteri baik) di dalam usus besar. sehingga sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi menjadi lebih baik dan tetap menjaga kondisi tubuh Si Kecil tetap sehat dan terhindar dari penyakit,” tambah dr. Muliaman.

Untuk memenuhi kebutuhan serat pangan inulin Si Kecil, berikut ini beberapa sumber makanan yang bisa dikonsumsi.

Bawang merah

Berdasarkan data Food Resource, Oregon State University menunjukkan bahwa bawang merah merupakan salah satu sumber dari senyawa prebiotik inulin yang baik.

Bawang merah mengandung dua jenis serat prebiotik, yaitu inulin dan fructooligosaccharides (FOS) yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus sehingga sangat bermanfaat untuk saluran pencernaan Si Kecil.

Pisang

pisang asupan serat pangan

Buah dengan tekstur lembut dan rasa yang manis ini memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kaya akan nutrisi diantaranya yaitu karbohidrat, vitamin C, vitamin B, serta kalium

Pisang juga menjadi salah satu sumber serat pangan inulin yang bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh dengan perannya sebagai prebiotik.

Asparagus

Tumbuhan yang kerap diolah menjadi sup atau menjadi sayuran pendamping steak atau pasta ini juga dilengkapi dengan zat inulin.

Tak hanya itu, asparagus juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral seperti magnesium, fosfor, sodium, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, vitamin A, dan masih banyak lagi.

Susu Cair

Tak hanya terdapat pada sayur dan buah, saat ini dengan teknologi yang ada, prebiotik serat pangan inulin juga dapat ditemukan dalam produk susu cair.

Kandungan inulin yang terdapat dalam susu cair semakin melengkapi nutrisi baik lainnya seperti kalsium, zinc, zat besi serta vitamin yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh serta saluran pencernaan Si Kecil.

Yang paling penting susu cair ini dapat dibawa kemananpun Si Kecil beraktivitas! Tentu menjadi pelengkap bekal yang sehat dan bernutrisi.

Produk susu cair yang memiliki serat pangan ini seperti Morinaga Chil*Go! yang mengandung serat pangan inulin, 9 Vitamin, dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Serat pangan inulin untuk membantu memelihara/mempertahankan fungsi saluran pencernaan, sehingga mendukung  daya tahan fisik.

(dok. KALCare)

Meski kaya manfaat, Anda tidak perlu ragu karena kemasannya yang praktis. Morinaga Research Center Jepang telah menghadirkan teknologi sterilisasi, yaitu teknologi terbaru pada susu cair dengan pemanasan hingga suhu 121.9’C selama 10 menit untuk mencapai kondisi steril komersial sehingga bebas dari bakteri patogen dan bakteri perusak susu.

Cocok untuk usia 1-12 tahun, Morinaga Chil*Go hadir dengan berbagai pilihan varian rasa yang enak, yaitu cokelat, vanila, stroberi, melon, dan pisang yang pasti disukai Si Kecil.

Kini tidak perlu bingung lagi karena dengan serat pangan inulin, daya tahan tubuh Si Kecil bisa lebih kuat dan tidak mudah jatuh sakit.

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved