Breaking News:

Lawan Faktor U

Tidak Khawatir Di Usia Emas Karena 5 Manfaat Buah Zaitun

Lalu, apa saja manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh? Dilansir dari Klikdokter, berikut lima khasiat zaitun bagi kesehatan.

BizzInsight
Penulis: BizzInsight
Shutterstock
Rasakan manfaat buah zaitun untuk antioksidan di usia emas 

TRIBUNNEWS.COM - Seiring bertambahnya umur, kesehatan seseorang cenderung akan mengalami penurunan. Bahkan, berbagai penyakit serius, seperti kanker, sakit jantung, hingga kolesterol sering dirasakan di usia emas. Namun ada superfood yang punya segudang manfaat untuk tubuh khususnya untuk mereka yang berusia emas yaitu buah zaitun. Lalu, apa saja manfaat buah zaitun untuk kesehatan tubuh?

Dilansir dari Klikdokter, berikut lima khasiat zaitun bagi kesehatan.

Sebagai antioksidan

Radikal bebas memberikan efek yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena dapat merusak sel-sel dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan infeksi peradangan dan melemahkan daya tahan tubuh.

Untuk menghindarkan tubuh dari radikal bebas, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, salah satunya adalah zaitun. Tidak hanya mampu melawan radikal bebas, zaitun juga dapat memulihkan peradangan akibat paparan radikal bebas.

Mencegah kanker

Karena tinggi akan antioksidan, zaitun juga mampu mencegah penyakit kanker. Menurut jurnal penelitian yang diterbitkan PLOS One Jurnal, zaitun yang berkualitas tinggi dapat mencegah melanoma, sel kanker payudara, hati, dan usus.

Terhindar dari serangan jantung

manfaat buah zaitun untuk jantung sehat
Ilustrasi hidup sehat di usia emas.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2019 menyebutkan, seseorang yang berusia lebih dari 55 tahun memiliki potensi yang besar untuk mengidap penyakit jantung.

World Health Organization (WHO) menambahkan, penyakit tersebut tergolong serius karena berdasarkan data pada 2018 lalu, sakit jantung menempati posisi atas penyumbang angka kematian terbesar di Asia Tenggara.

Agar terhindar dari penyakit jantung koroner, konsumsi asam oleat yang terdapat di zaitun. Sebuah studi lima tahun yang diterbitkan dalam jurnal BMC menemukan bahwa, seseorang yang mengonsumsi buah zaitun secara rutin dapat mengurangi risiko mereka terkena kardiovaskular sebesar 48 persen.

Menguatkan tulang

Manfaat buah zaitun lainnya dapat menjaga kekuatan sendi dan tulang di masa tua Anda. Sebuah riset yang dilakukan oleh seorang peneliti dari Dr. Josep Trueta Hospital di Spanyol, Jose Manuel Fernandez Real mengungkapkan, 127 responden berusia 55-80 tahun yang rutin konsumsi zaitun terhindar dari risiko osteoporosis setelah dipantau selama dua tahun terakhir.

“Massa otot dan kepadatan tulang tetap terjaga. Selain itu, uji lab menyebutkan responden juga terhindar dari penyakit jantung koroner,” ungkap Mr. Fernandez Real.

Menjaga daya tahan tubuh

Di masa pandemi seperti saat ini, orang tua rentan mengalami komplikasi virus COVID-19. Penting untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi zaitun.

Kandungan vitamin E dan zat besi yang terdapat di zaitun bisa berguna untuk menjaga sistem imun tubuh. Zat antioksidan dalam zaitun juga membantu tubuh cepat pulih ketika mengalami peradangan.

Buah zaitun sebenarnya bisa Anda konsumsi dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi acar. Namun, sekarang ada pula susu tinggi kalsium yang menyertakan kandungan zaitun di dalamnya, sehingga Anda bisa merasakan manfaat susu bagi tubuh sekaligus kebaikan zaitun.

Entrasol Gold, susu tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun (hytolive) dan dilengkapi dengan omega 3 dan 6 plus ProFit Formula untuk membantu mengatasi berbagai keluhan akibat Faktor U (Faktor Usia), sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi.

(dok. KALCare)

Susu ini hadir dengan rasa vanilla dan cokelat sehingga lebih nikmat ketika dikonsumsi. Rasakan manfaat susu bagi tubuh dari Entrasol Gold. Jadi, Anda enggak perlu lagi khawatir di usia emas karena kebaikan buah zaitun.

Penulis: Dea Duta Aulia/Editor: Dana Delani

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved