Breaking News:

Atasi Mual dan Muntah

Manfaat Susu Ibu Hamil untuk Mengurangi Mual di Awal Kehamilan

Tahukah ibu, mengonsumsi susu ibu hamil untuk mengurangi mual bisa dilakukan di masa trimester awal kehamilan?

BizzInsight
Shutterstock
Kini, ibu yang tengah hamil trimester awal tak perlu khawatir. Susu ibu hamil dapat mengurangi gejala mual dan muntah. 

TRIBUNNEWS.COM - Mual dan muntah pada hamil trimester pertama adalah hal yang umum. Mengutip Healthline, 70-80 persen ibu hamil mengalaminya. Tapi tahukah ibu, mengonsumsi susu ibu hamil untuk mengurangi mual bisa dilakukan di masa trimester awal kehamilan?

Melansir Klikdokter, keluhan mual dan muntah baru akan membaik pada minggu ke-22 kehamilan, hingga tubuh ibu hamil beradaptasi dengan peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (HCG) dalam tubuh, hormon yang diklaim sebagai penyebab mual saat hamil.

Tak hanya mengganggu kenyamanan, mual dan muntah yang tak terkontrol juga bisa mengurangi penyerapan nutrisi ibu hamil dan janin. Maka dari itu, ketahui manfaat susu ibu hamil untuk mengurangi mual dan muntah di awal masa kehamilan.

Manfaat Vitamin B6 dalam Susu Ibu Hamil

Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, menekankan pentingnya konsumsi susu ibu hamil yang tinggi protein dan vitamin B6. Pasalnya, keduanya terbukti efektif mengurangi gejala mual dan muntah terutama pada trimester pertama.

“Dari hasil penelitian yang sudah diterbitkan di Journal International Gynecology dengan mengonsumsi nutrisi khusus ibu hamil dengan kadar B6 (pyridoxine) yang lebih tinggi dibandingkan dengan nutrisi biasa dengan kadar B6 yang rendah, maka akan didapati hasil kadar vitamin B6  dan protein yang lebih tinggi pada kelompok ini,” ungkap dr. Muliaman.

Efek dari kenaikan kadar vitamin B6 dan protein memberikan penurunan level hormon dopamin, yang berperan mengatur pusat muntah, sehingga dapat mengurangi mual dan muntah hingga 80 persen.

Ilustrasi ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari
Ilustrasi ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari.

Selain itu, studi yang dikutip Babycenter mengatakan vitamin B6 membantu tubuh memproses protein yang akhirnya dapat mengurangi mual dan muntah. Sementara itu, wanita hamil yang mengalami mual dan muntah secara parah diketahui kekurangan vitamin B6 dalam darah.  Sedangkan, wanita hamil butuh 10 mg hingga 25 mg vitamin B setiap harinya.

Tak hanya mengurangi gejala mual dan muntah, susu ibu hamil juga mengandung nutrisi tambahan lain yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

“Nutrisi lengkap berupa susu ibu hamil khusus mual-muntah terutama yang mempunyai taste yang disukai para ibu, diyakini bisa membantu kelengkapan nutrisi selama periode ini.” tambah dr. Muliaman.

Terakhir, dr. Muliaman menambahkan, agar tidak memicu muntah, susu tidak diminum sekali teguk, tetapi diteguk sedikit demi sedikit. Pilih juga susu ibu hamil dengan rasa yang Anda suka dan disajikan hangat.

Susu PRENAGEN mommy emesis mengandung protein yang tinggi dan kaya akan vitamin B6 yang sudah teruji klinis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah, bahkan hingga 90 persen.

susu prenagen mommy emesis oktober 2020

Dilengkapi dengan formula PRENAPRO mengandung nutrisi lengkap yaitu nutrisi makro (kabrohidrat, lemak, protein) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral), karena penyerapan nutrisi mikro membutuhkan nutrisi makro yang jumlahnya tepat dan seimbang. PRENAGEN mommy emesis juga mengandung asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D3, iodium, dan asam lemak omega 3 yang mampu memenuhi kebutuhan gizi ibu dan memelihara pertumbuhan dan perkembangan saraf janin.

PRENAGEN mommy emesis hadir dalam kemasan 200 gram dan 400 gram dengan varian rasa Velvety Chocolate dan Vanilla Delight yang dapat dipilih sesuai selera. Ibu hamil disarankan minum dua gelas per hari, pada pagi hari sebelum beraktivitas dan sore hari, agar terbebas dari mual muntah yang tak terkontrol.

Di samping itu ada juga PRENAGEN yogurt powder dengan rasa Strawberry Blush yang menyegarkan dan cocok diminum oleh ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, atau merasa eneg. Kandungan nutrisinya lengkap untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan. PRENAGEN yogurt juga dapat dilarutkan dengan air dingin.

Kini, Anda tak perlu lagi khawatir mengalami mual dan muntah pada awal kehamilan. Jangan lupa juga mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga yang cukup agar Si Kecil tetap tumbuh sehat dan kuat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved