Breaking News:

Jaga Imun Tubuh

Ini Faktanya! Kenapa Air Kelapa Bisa Bantu Jaga Imun Tubuh

Sudah banyak penelitian menyebutkan air kelapa dapat membantu meredakan berbagai masalah kesehatan.

TRIBUNNEWS.COM – Air kelapa kerap dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk melepaskan dahaga dan mencegah dehidrasi.   

Situs resmi Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma menyebutkan, selain menyegarkan air kelapa memiliki komposisi gizi dan nutrisi yang cukup baik. Sudah banyak penelitian menyebutkan air kelapa dapat membantu meredakan berbagai masalah kesehatan.

Untuk lebih mengetahui khasiatnya, berikut manfaat dari air kelapa untuk kesehatan tubuh.

Sumber nutrisi yang baik

Dikutip dari Healthline, air kelapa bisa dikatakan sebagai salah satu sumber nutrisi yang diperkaya dengan mineral yang baik bagi tubuh.

Dalam segelas air kelapa (240 ml) terdapat beragam kandungan seperti;

● Karbohidrat: 9 gram

● Serat: 3 gram

● Protein: 2 gram

● Vitamin C: 10% dari RDI

● Magnesium: 15% dari RDI

● Mangan: 17% dari RDI

● Kalium: 17% dari RDI

● Sodium: 11% dari RDI

● Kalsium: 6% dari RDI

Beragam kandungan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan orang yang mengkonsumsi air kelapa.

Menjaga imunitas tubuh

Banyak penelitian menyebutkan banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di air kelapa asli dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Dikutip dari Healthline, antioksidan yang terdapat di air kelapa dapat melawan radikal bebas.

Hal tersebut bisa terjadi karena air kelapa membuat tubuh terhidrasi, dan tubuh dengan asupan cairan yang cukup mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Melansir dari Baptist Health, saat seseorang mengalami dehidrasi, tubuh akan kesulitan menjalankan proses ekskresi (membuang zat sisa metabolisme dan racun) sehingga membuat tubuh rentan terhadap infeksi.

Maka dari itu, konsumsi air kelapa secara rutin sangat dianjurkan karena membuat tubuh terhidrasi, sehingga meningkatkan sistem imun dan menjadikan tubuh kebal dari berbagai infeksi virus.

Berperan sebagai antibakteri dan antivirus

Melansir Klikdokter, dr. Karunia Ramadhan menyebutkan bahwa air kelapa mengandung tanin. Tanin bersifat antibakteri dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Air kelapa, menurut Jurnal Nutritional Health Benefit of Coconut (Cocos Nucifera) Water, juga mengandung Lauric Acid yang memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus, serta mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Mengendalikan berat badan

Berat badan yang naik tak terkontrol dapat menyebabkan obesitas. Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, dan lain-lain.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebutkan, prevalensi penduduk obesitas meningkat dari 14,8 persen di 2013 menjadi 21,8 persen di 2018. Selain itu, kasus penduduk kegemukan juga meningkat dari 11,5 persen di 2013 menjadi 13,6 persen di 2018

Untuk mencegah kenaikan berat badan, kuncinya adalah mengonsumsi asupan rendah kalori. Air kelapa, mengandung kalori dan gula yang rendah, sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan seratnya juga dapat mengontrol rasa lapar.

Mengatasi masalah pencernaan

Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare, dan konstipasi.

Khusus untuk diare, kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang terdapat di air kelapa dapat mengantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Bahkan, kandungan enzim yang terdapat di air kelapa juga bisa membantu sistem metabolisme dalam tubuh.

Selain itu, dua gelas air kelapa juga menawarkan 5,2 gram serat atau sekitar 20 persen dari kebutuhan serat minimal 25 gram per hari. Kebutuhan serat harian yang cukup dapat membantu melancarkan pencernaan.

Mendukung kesehatan jantung

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka penyakit jantung dan pembuluh darah kian meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1000 orang atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung.

Konsumsi air kelapa secara rutin dapat membantu menyehatkan jantung. Dikutip dari KlikDokter, dr Kartika Mayasari mengatakan kandungan kalium yang ada di dalam air kelapa berguna untuk membantu pergerakan otot jantung. Selain itu, berbagai penelitian pada hewan menunjukan air kelapa dapat menurunkan tekanan darah.

Kini, kesegaran dan manfaat dari air kelapa sudah bisa didapatkan dari Hydro Coco. Hydro Coco terbuat dari air kelapa asli yang kaya nutrisi & memiliki banyak manfaat, seperti menggantikan cairan tubuh, membantu menjaga imun tubuh, mengandung Lauric Acid yang melindungi tubuh dari virus dan bakteri, dan membantu membersihkan usus dari zat berbahaya.

Hydro Coco tampil dengan kemasan yang higienis dan praktis. Dalam kemasannya pun, Hydro Coco telah memiliki logo “Pilihan Lebih Sehat” dari BPOM yang berarti produk tersebut termasuk kategori rendah gula dan menyehatkan.

Selain menghadirkan beragam manfaat sehat, Hydro Coco juga memberikan hadiah sebesar Rp 1,5 juta bagi para pemenang yang mampu menjawab pertanyaan kuis dan melengkapi persyaratan sebagai berikut: 

● Peserta yang mengikuti kuis ini merupakan Warga Negara Indonesia.

● Wajib Follow Akun Instagram @tribunnews dan @hydrococo_id.

● Peserta yang mengikuti kuis ini harus mengisi pertanyaan kuis dan data diri dengan lengkap.

● Pemilihan pemenang bersifat mutlak dari KALBE dan Tribunnews, tidak dapat diganggu-gugat.

● Pajak ditanggung pemenang.

Data diri peserta dijamin kerahasiaannya oleh pihak KALBE dan Tribunnews. Dengan mengikuti seluruh ketentuan di atas, maka kamu otomatis menjadi peserta dan berkesempatan untuk bawa pulang uang tunai sebesar Rp 1,5 juta.

Untuk menjawab pertanyaan dengan benar, kamu hanya perlu baca artikel ini sampai habis. Baca dengan saksama, jawab semua pertanyaan di kuisnya, dan menangkan hadiahnya! Jangan lupa rutin konsumsi Hydro Coco untuk membantu memelihara kesehatan di masa pandemi.             

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved