Breaking News:

Jaga Imun Tubuh

Pasca Vaksin, Jaga Imun Tubuh dengan 5 Langkah Ini

Pasca vaksin, sangat penting untuk tetap jaga imun tubuh dan menerapkan protokol kesehatan

BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi air kelapa 

TRIBUNNEWS.COM - Sudah divaksin bukan berarti kebal virus dan bisa ngumpul-ngumpul tanpa protokol kesehatan, lho! Vaksinasi memang membentuk antibodi, namun kita tetap tidak boleh menggugurkan penerapan protokol kesehatan dan tetap jaga imun tubuh.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pasca suntik vaksin Covid-19, tubuh tidak bisa langsung membentuk antibodi terhadap virus. Butuh jeda waktu bagi tubuh untuk membentuk antibodi terhadap virus pasca vaksinasi.

Untuk itu, pasca vaksinasi, kamu tetap tidak boleh lengah menerapkan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan menjaga asupan yang bernutrisi. Untuk memaksimalkannya, kamu juga bisa menerapkan beberapa kebiasaan sederhana yang jaga imun tubuh.

Tidur nyenyak

Mentang-mentang sudah vaksin jangan lagi acuhkan kualitas tidurmu. Melansir dari Healthline, tidur nyenyak dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mampu meningkatkan sel T yang melawan infeksi.

Tidur yang nyenyak dapat meningkatkan kemampuan sel T untuk melekat dan menghancurkan sel yang terinfeksi virus dan patogen lain.

Berjemur

Berjemur atau cukup terpapar sinar matahari ternyata berperan penting lho untuk menjaga imun tubuh. Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof.dr. Madarina Julia, Sp. A (K), MPH., Ph.D., mengatakan bahwa tubuh manusia membutuhkan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh.

Sinar matahari ini adalah sumber utama vitamin D alami, dan vitamin D memiliki efek imunomodulator yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, dan berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit.

Jalan kaki 30 menit per hari

Jika tak punya waktu untuk berolahraga sebab kini sudah beraktivitas normal, kamu bisa nih terapkan aktivitas jalan kaki 30 menit per harinya.

Dilansir dari Time, David Nieman, Profesor Kesehatan Masyarakat dan Direktur Human Performance Lab di Appalachian State University menjabarkan dari studi yang ia lakukan, jalan kaki cepat selama 30 menit per hari dapat meningkatkan sirkulasi sel pembunuh alami, sel darah putih, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

So guys jangan lupa jalan kaki cepat 30 menit per hari tiap harinya yah!

Rutin makan buah dan sayur

Kabar baik buat kamu yang doyan makan buah dan sayur! School of Public Health Harvard membeberkan jika konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat memelihara mikroba bermanfaat di dalam pencernaan yang membantu merangsang sel kekebalan tubuh.

Jadi, jangan lupa untuk rutin konsumsi buah dan sayur, serta biji-bijian dan kacang-kacangan walaupun sudah vaksin.

Minum air kelapa

Air kelapa secara turun temurun dikenal kaya nutrisi dan rehidrasi alami. Melansir Healthline, dalam satu gelasnya (240 ml) terdapat beragam kandungan, seperti serat, protein, vitamin A, B, C, E magnesium, mangan, kalium, kalsium, dan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Selain itu, melansir Klikdokter, dr. Karunia Ramadhan mengatakan kelapa mengandung tanin yang bersifat antibakteri dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Oleh karena itu, selain mencegah dehidrasi, mengonsumsi air kelapa secara rutin dapat membantu jaga imun tubuh. Saat ini kamu bisa mendapatkan segala kebaikan air kelapa dengan kemasan higienis & praktis di Hydro Coco!

Hydro coco artikel tribunnews

Hydro Coco dibuat dari air kelapa asli, sehingga dapat menggantikan cairan tubuh karena kaya elektrolit alami, membantu menjaga daya tahan tubuh dengan menetralisir racun melalui antioksidan, vitamin A, C, dan E, serta membantu membersihkan usus dari zat-zat berbahaya berkat kandungan vitamin B3 di dalamnya.

Yang tak kalah penting, Hydro Coco juga mengandung Lauric Acid yang mampu meningkatkan kekebalan, melindungi tubuh dari virus dan bakteri, sehingga dapat membantu jaga imun tubuh selama pandemi agar kamu nggak mudah terjangkit penyakit.   

Hydro Coco juga telah memiliki logo “Pilihan Lebih Sehat” dari BPOM, yang berarti produk tersebut memiliki kategori rendah gula dan menyehatkan.

jadi, meskipun sudah menerima suntikan vaksin, protokol kesehatan dan upaya jaga imun tubuh tetap tidak boleh kendor ya! Rutin mengonsumsi Hydro Coco juga dapat membantu kerja imun tubuh jadi lebih pol selain rasa Hydro Coco yang enak & menyegarkan, sehingga kamu terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Jangan lupa, selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, semua ikhtiar jaga imun tubuh juga harus diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi, beristirahat cukup, dan rutin berolahraga. Semoga kamu sehat selalu!

Penulis: Bardjan/Editor: Firda Fitri Yanda

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved