Lahir di Rumah, Anak Dira Sugandi Tak Gampang Rewel

Penyanyi jazz Dira Sugandi (33) tidak perlu repot-repot 'pindahan' ke rumah sakit bersalin ketika akan melahirkan putri pertamanya.

zoom-inlihat foto Lahir di Rumah, Anak Dira Sugandi Tak Gampang Rewel
TRIBUNNEWS.COM/ FERRO MAULANA
Dira Sugandi

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Heribertus Irwan Wahyu Kintoko

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyanyi jazz Dira Sugandi (33) tidak perlu repot-repot 'pindahan' ke rumah sakit bersalin ketika akan melahirkan putri pertamanya, Savanna Azura Warongan, 3 Maret 2013. Dira, panggilan Dira Sugandi, melahirkan anaknya di rumah.

"Saya 'gentle birth' pakai bidan di rumah," kata Dira disela 'press screening' film '9 Summer 10 Autums' di Mal Lippo Kemang, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2013). Film tersebut adalah karya film pertamanya.

Dira yang dinikahi Elfa Zulham Warongan pada 13 November 2011, ini menceritakan, keputusan untuk melahirkan di rumahnya sendiri bukan dadakan. "Orang bilang, kalau lahirnya di rumah, anaknya lebih tenang, nggak rewel," kata Dira.

Anak yang dilahirkan dari proses 'gentle birth' atau 'hypno birth', lanjut penyanyi yang pernah berduet dengan Jason Mraz di 'Java Jazz Festival 2009' ini, juga akan lebih cepat berkomunikasi dan bergerak aktif.

"Nangisnya kalau minta susu, atau pempers-nya penuh. Itu juga kalau mau tidur," kata penyanyi kelahiran Bandung, Jawa Barat, 29 Juli 1979, ini. Lebih dari itu, persalinan tersebut juga tidak meninggalkan trauma pada ibunya.

"Proses melahirkan dengan cara 'gentle birth' itu tanpa trauma," kata ibu yang bernama panjang Dira Julianti Sugandi ini.

Sebelum melahirkan, Dira banyak ngobrol dengan Dewi Lestari dan Reza Gunawan, suami Dewi.
"Saya banyak ngobrol dengan Dewi dan Reza sebelum melahirkan. Saya juga lihat video saat Dewi melahirkan," cerita Dira yang tidak merasa tegang selama bersalin.

"Saya bukaan sembilan saja masih mau mandi lho," ujarnya tertawa. (kin)

Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved