Breaking News:

The Body Shop Ajak Masyarakat 'Say No to Plastic'

jumlah sampah yang dihasilkan di Jakarta setiap hari mencapai enam ribu ton dan tumpukannya bisa mencapai 30 meter kubik

zoom-inlihat foto The Body Shop Ajak Masyarakat 'Say No to Plastic'
Agustina Rasyida
Sampah rumah tangga yang didominasi plastik menutup saluran air di dekat pintu air Waduk Pluit, Jakarta, Selasa (17/7/2012). Volume sampah di Jakarta sehari mencapai 6.000 ton dan sekitar 13,25 persen merupakan sampah plastik yang sulit terurai. Kurangnya kesadaran warga memilah dan membuang sampah plastik pada tempatnya membuat sampah mencemari lingkungan kota. KOMPAS/IWAN SETIYAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan data dari PT Godang Tua Jaya, perusahaan pengelola tempat pembuangan sampah terpadu Bantar Gebang, jumlah sampah yang dihasilkan di Jakarta setiap hari mencapai enam ribu ton dan tumpukannya bisa mencapai 30 meter kubik.

Sampah plastik terbesar disumbangkan dari sampah rumah tangga. Sampah plastik merupakan sampah yang sulit diurai dan memiliki dampak buruk bagi lingkungan.

Dari permasalahan tersebut, The Body Shop menggelar kampanye "The Body Shop Green Month Campaign". Sebuah kampanye yang mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, Minggu (21/4/2013), di Jakarta.

"Indonesia memiliki masalah serius dengan sampah, terutama sampah plastik. Untuk itu kita membuat kampanye "Say No To Plastic", agar kita semua dapat mengurangi sampah plastik, terutama botol dan kantong plastik untuk meindungi bumi kita," ujar Suzy Hutomo, CEO The Body shop Indonesia.

Suzy mengajak masyarakat dan karyawan The Body Shop bersih-bersih sampah plastik dan "rampok plastik" ketika melihat orang membawa plastik di sekitar Jalan Sudirman, serta membuat petisi "Pay4Plastic". Sebuah petisi yang menolak menggunakan plastik maupun jangan menggratiskan kantong plastik dari toko atau supermaket kepada customer.

"Awalnya saya susah mengurangi penggunaan plastik, tapi lama-lama juga bisa. Saya selalu membawa tumbler untuk tempat air dan tas plastik ketika ke toko," kata Suzy.

Agustina N.R

Tags
plastik
Penulis: Agustina Rasyida
Editor: Gusti Sawabi
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved