Breaking News:

Bermain Gadget di Kegelapan Berisiko Kebutaan

Bermain smartphone sambil berbaring di tempat tidur pada malam hari, bisa mendatangkan bahaya pada kesehatan mata.

Kompas.com
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Bermain smartphone sambil berbaring di tempat tidur pada malam hari, bisa mendatangkan bahaya pada kesehatan mata.

Kondisi tersebut terjadi pada dua wanita asal Inggris, asia 22 dan 40 tahun, yang mengaku kehilangan penglihatan sementara, usai melihat smartphone mereka sebelum tidur.

Mereka mengaku buta setidaknya selama 15 menit setelah memainkan smartphone dalam kamar yang gelap seraya berbaring menunggu kantuk.

Untuk menjelaskan kasus tersebut secara detail, dokter dan peneliti menerbitkannya Kamis lalu dalam New England Journal of Medicine.

Usai dua wanita mengeluhkan kehilangan penglihatan sementara hingga 15 menit, mereka diminta menjalani serangkaian pemeriksaan medis, scan MRI, dan tes jantung.

Namun, dokter tidak menemukan sesuatu yang salah dengan kesehatan dua wanita tersebut. Tetapi, ketika pasien dibawa ke kantor spesialis mata, misteri itu mulai terpecahkan.

"Saya hanya bertanya kepada mereka: Apa yang sebenarnya Anda lakukan ketika kebutaan terjadi?” kata Dr. Gordon Plant dari Rumah Sakit Mata Moorfield di London.

Dia menjelaskan bahwa dua wanita tadi kerap melihat smartphone dengan posisi miring.

Sehingga tanpa sadar hanya menggunakan satu mata—sebab mata yang lain tertutupi oleh bantal—saat melihat smartphone di kamar tidur yang gelap.

"Jadi hanya satu mata yang disesuaikan dengan cahaya sedang mata lainnya disesuaikan dengan kegelapan," lanjutnya.

Halaman
12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved