8 Ciri-ciri Bayi Sehat

Jika bayi sehat bagaimana tanda-tandanya? Ada beberapa informasi yang dapat dengan mudah ibu dapatkan untuk menjawabnya

Istimewa
Ilustrasi bayi. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai orangtua, ibu tahu apa persis dengan kondisi dan karakter si kecil. Ibu mulai mengenali kebiasaan-kebiasaan bayi mulai lapar, lelah, senang, bahkan sakit.

Jika bayi sehat bagaimana tanda-tandanya? Ada beberapa informasi yang dapat dengan mudah ibu dapatkan untuk menjawabnya, pernyataan, "Bayi sehat menunjukkan berbagai perilaku, penampilan, dan temperamen." Untuk lebih jelasnya, berikut 8 tanda jika bayi dalam keadaan sehat:

Baca: 7 Olahan Sate Paling Unik di Indonesia, Mulai dari Kelinci Sampai Lalat Jadi Idola Masyarakat

1. Bayi merasa tenang pada sentuhan dan suara ibu.

Bayi yang baru lahir akan sering menangis. Berbicara dengan bayi mungkin bukanlah solusi tepat saat ini. Suara ibu sebenarnya sudah dikenali bayi sejak dalam kandungan.

"Seorang bayi seharusnya berada di jarak dekat, dan suara Anda adalah sebagian besar dari pengalaman itu," kata Jennifer Shu, M.D., dokter anak dan penulis Heading Home With Your Newborn.

"Setelah mereka lahir, mendengar suara Anda, dihangatkan dan digendong, dan merasakan panas tubuh Anda yang menenangkannya." Ketika anak tenang dengan kehadiran ibu, itulah langkah pertama terbentuknya ikatan dengan ibu dan tanda yang jelas bahwa ia berkembang secara emosional. Itulah tanda bayi sehat.

2. Ibu mengganti 8 - 10 popok basah per hari dan bayi bertambah berat badan.

Bayi yang mendapatkan cukup ASI akan tumbuh sehat, bahkan jika terdapat perubahan berapa banyak bayi minum dari hari ke hari.

Jika ibu menyusui, bagaimana ibu bisa yakin bayi cukup minum ASI? Buktinya adalah popok basah. Sangat penting untuk menjaga kesehatan bayi, sehingga dokter anak dapat menilai apakah bayi tumbuh dengan normal. Popok basah adalah tanda terbaik ketika ia minum dengan kadar yang cukup.

Halaman
1234
Berita Populer
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved