Anak Selalu Demam Saat Tumbuh Gigi? Ini Faktanya

Sebagian besar orangtua mengira tumbuh gigi pada anak selalu disertai demam.

Anak Selalu Demam Saat Tumbuh Gigi? Ini Faktanya
Newcastle Chronicle
Lucunya Cruise Horsburgh saat tidur 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagian besar orangtua mengira tumbuh gigi pada anak selalu disertai demam. Faktanya, demam tidak memiliki hubungan dengan tumbuh gigi pada anak. 

Prof. Melissa Wake, peneliti dari Centre for Community Child Health di Royal Children’s Hospital di Melbourne pernah melakukan penelitian tentang hal ini pada 1990-an.

Hasil dari penelitian tersebut mengatakan bahwa anak tidak mengalami demam atau peningkatan suhu yang signifikan saat mereka tumbuh gigi.

Meskipun anak mungkin saja mengalami demam saat tumbuh gigi.

Namun demam itu terjadi bukan karena tumbuh gigi, tetapi karena infeksi dari luar, sehingga demam muncul sebagai reaksi alamiah tubuh anak melawan zat asing.

Seperti yang kita ketahui, saat tumbuh gigi, gusi anak akan sedikit terbuka sehingga gampang terinfeksi. Pada umumnya, demam yang terjadi saat anak tumbuh tinggi tidak akan berbahaya. 

Sebab demam hanya berlangsung ringan di bawah 38 derajat celsius.

dr. Awaluddin Idris dari Rumah Sakit Yarsi mengatakan, suhu tubuh normal manusia pada umumnya hanya berkisar antara 36,6–37,5 derajat celsius.

Menurutnya, bila anak mengalami demam antara 37,5-38 °C sebaiknya cukup melakukan tatalaksana penanganan demam tanpa bantuan obat ataupun dokter.

Adapun tatalaksana penanganan yang dimaksud adalah berikut ini:

Halaman
1234
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved