Perempuan Tergemuk di Kalteng

Mengenal Operasi Batriartik, Pemotongan Lambung Agar Berat Badan 220 Kg Titi Wati Kembali Normal

Titi Wati, warga Palangkaraya Kalimantan Tengah sudah menjalani operasi batriartik untuk mengatasi berat badannya yang sudah mencapai 220 kilogram.

Mengenal Operasi Batriartik, Pemotongan Lambung Agar Berat Badan 220 Kg Titi Wati Kembali Normal
Istimewa Tribun Kalteng
Titi Wati (36), perempuan dengan berat badan 350 kilogram di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, jadu sorotan di media sosial. 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Titi Wati, warga Palangkaraya Kalimantan Tengah sudah menjalani operasi batriartik untuk mengatasi berat badannya yang sudah mencapai 220 kilogram.

Adalah dr Gede Eka Rusdi Antara, MARS, Sp. B KBD salah satu tim medis yang khusus diberangkatkan dari Bali untuk melakukan operasi batriartik pada Titi Wati.

Belum banyak yang tahu, ia bersama tim yang berjumlah delapan orang diberangkatkan khusus ke RSUD Doris Sylvanus, Palangkaraya untuk menggelar tindakan medis untuk pasien obesitas tersebut.

Ia yang bekerja di Bagian Divisi Bedah Digestif RSUP Sanglah tersebut memang merupakan spesialis Operasi Batriartik.

Spesialis Batriartik yang saat ini ada di Indonesia, hanya bisa dihitung jari.

Karena itulah dr Gede Eka Rusdi Antara dipilih sebagai salah satu ahli yang melakukan operasi itu.

Baca: Usai Operasi Pengecilan Lambung, Menu Makan Titi Wati yang Berbobot 220 Kilogram Diawasi Ahli Gizi

dr Gede Eka Rusdi Antara, MARS, Sp. B KBD, Dokter asal Bali yang berhasil melakukan operasi Batriartik kepada pasien Titi Wati (36) yang menderita obesitas beberapa waktu lalu.
dr Gede Eka Rusdi Antara, MARS, Sp. B KBD, Dokter asal Bali yang berhasil melakukan operasi Batriartik kepada pasien Titi Wati (36) yang menderita obesitas beberapa waktu lalu. (TRIBUN BALI/BUSRAH ARDANS)

"Yang diberangkatkan itu saya sendiri dokter spesialis saluran cerna dan yang berkecimpung di urusan batriartik. Kemudian ada dua dokter anastesi, kemudian ada satu perawat bedah, dokter manajemen yang mengatur administratif kami semua," kata Gede Eka Rusdi saat ditemui di RS Bali Royal, Jumat (18/1/2019) sore tadi.

Lantas, apakah operasi batriartik itu?

Ini adalah tindakan medis yang dilakukan oleh dokter ialah mengangkat/memotong sebagian besar dari lambungnya.

"Pemotongan lambung itu dilakukan 60 sampai 70 persen volume lambung. Fungsinya memperbaiki fungsi organ, dan mengembalikan kadar laboratorium yang normal seperti lemak, gula dan lainnya,"

Halaman
123
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved