7 Manfaat Jengkol yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Anemia hingga Tulang Keropos

Bagi masyarakat Indonesia, olahan jengkol menjadi kuliner yang sangat unik karena ada banyak orang yang menyukai makanan ini

7 Manfaat Jengkol yang Jarang Diketahui, Bisa Cegah Anemia hingga Tulang Keropos
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Pedagang jengkol di Pasar Baru Bekasi. Harga jengkol di pasar tersebut mengalami kenaikan hingga menyentuh angka Rp 45 ribu per kilogram, Rabu, (23/1/2019) 

(TribunTravel.com/Gigih Prayitno) 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah tujuh manfaat jengkol yang jarang diketahui oleh masyarakat umum.

Bagi masyarakat Indonesia, olahan jengkol menjadi kuliner yang sangat unik karena ada banyak orang yang menyukai makanan ini, dan sebagian lagi membenci makanan.

Meskipun begitu, jengkol menjadi makanan yang sangat khas karena teksturnya yang empuk bila dimasak dengan benar dengan aroma yang sangat tajam.

Namun ternyata jengkol mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan pada tubuh bila dikonsumsi dalam porsi yang tidak berlebihan.

1. Membentuk Jaringan Tubuh

Jengkol memiliki kandungan protein yang jauh lebih banyak daripada protein pada kacang hijau dan kacang keledai.

Kandungan protein yang tinggi pada jengkol ini membantu pembentukan jaringan dalam tubuh juga meregenerasi sel yang ada.

2. Bisa Cegah Anemia

Tidak hanya kaya akan protein, jengkol juga kaya akan zat besi yang berperan mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah.

Produksi sel darah merah yang kurang akan mengakibatkan kurangnya suplai oksigen dan zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh.

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>

Editor: Arif Setyabudi Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved