Kebotakan Pada Pria Biasanya Karena Faktor Genetik, Cegah Sedini Mungkin

Beberapa pria mengalami kebotakan disaat usia muda yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Kebotakan Pada Pria Biasanya Karena Faktor Genetik, Cegah Sedini Mungkin
WebMD
Rambut rontok dan kebotakan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Beberapa pria mengalami kebotakan disaat usia muda yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Dr. Gloria Novelita dari Skin&Co menyebutkan beberapa faktor tersebut diantaranya yang faktor hormonal, faktor genetik, atau kesalahan penataan rambut

Sementara itu dr. Gloria mengatakan faktor genetik merupakan faktor utama penyebab kebotakan, dan sangat mungkin diderita jika ada bagian keluarga sepeti ayah atau kakak laki-laki yang juga mengalami kebotakan.

“Kerontokan bermacam-macam mulai faktor genetik, hormonal dan lain sebagainya yang paling sukit faktor genetik terutama pada pria,” ungkap dr, Gloria saat ditemui di acara Ellips di kawasan Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019).

Adapun proses kebotakan bermula dengan menipisnya batang rambut, hingga menyerupai tekstur rambut bayi sehingga lebih mudah rontok.

Baca: Miliki Rambut Berkilau dan Bebas Rontok Menggunakan Perawatan Daun Teh, Begini Cara Melakukannya

Penanganan kebotakan yang diakibatkan oleh faktor genetik disebutkan dr. Gloria harus lebih agresif misalnya dilakukan sejak usia dini terlebih jika sudah melihat ayah atau kakaknya cepat botak.

“Kalau pada pria kita lihat garis mundur kebelakang botaknya, sebelum itu cepat-cepat intervensi dengan obat yang diminum atau yang harus digunakna supaya tidak sampai rambutnya hilang,” tutut Gloria.

Kemudian bagi yang botaknya bukan karena faktor genetik bisa disembuhkan dengan obat tertentu, perubahan cara styling rambut, hingga mengonsumsi nutrisi yang baik diserat kulit dan rambut.

“Proses kebotakan pada usia berumur kita intervensi lebih dini obat tadi bisa, makanan. Saat rambutnya menipis masih bisa kalau sudah botaka akan sulit ya. Karena menunbuhkan sesuatu yang hilang sulit,” pungkas Gloria.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved