BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Kepada Peserta Selama Libur Lebaran

BPJS Kesehatan memastikan pelayanan kepada peserta selama libur lebaran tetap berjalan seperti hari biasa.

BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Kepada Peserta Selama Libur Lebaran
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Rujukan BPJS, Beno Herman dan Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’aru di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTABPJS Kesehatan memastikan pelayanan kepada peserta selama libur lebaran tetap berjalan seperti hari biasa.

Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Rujukan BPJS, Beno Herman memastikan mulai dari pendaftaran, pencetakan kartu, perbaikan kartu hingga penaganan pengaduan tetap dilayani selama libur lebaran.

“Kami sampaikan bahwa kami tetap membuka layanan di kantor cabang. Pelayanan untuk pengaktifan peserta, pendaftaran dan sebagainya tetap buka,” tutur Beno Herman saat ditemui di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019).

Kemudian, BPJS Kesehatan juga mengadakan program untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada peserta yang akan melakukan mudik.

Berlaku mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran, kemudahan yang dapat digunakan peserta, diantaranya bagi peserta dengan penyakit kronis bisa mendapatkan obat lebih cepat dari jadwal.

“Kami memberikan kemudahan peserta dengan penyakit kronis bisa mengambil obatnya lebih awal dari jadwal tempo pengambilan obat. Silahkan tujuh hari di awal jatuh tempo sehingga nanti peserta tidak dapat masalah ketika butuh obat saat mudik,” ujar Beno.

Kemudian, peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Saat ini lebih dari 5.000 FKTP dipastikan beroperasi selama musim lebaran dan jumlahnya akan terus bertambah karena masih menunggu laporan dari masing-masing FKTP.

“Nanti ditujuan silahkan akses FKTP terdekat walaupun tidak terdaftar di tempat tersebut, bisa akses di FKTP mana saja yang kerjasama dengan kami,” ungkap Beno.

Sementara itu, Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’aruf mengingatkan semua kemudahan bisa diterima peserta yang status kepesertaannya aktif sehingga peserta diharapkan disiplin membayar iuran dan saat mudik jangan lupa membawa kartu JKN-KIS.

“Untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran dapat melalui Mobile JKN,” kata Iqbal.

BPJS Kesehatan juga sedang menyiapkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang akan menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan Mitra BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting yang rencananya bisa digunakan peserta akhir bulan Mei 2019 ini.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved