Anak Demam Usai Bermain di Luar Rumah? Jangan Panik, Bisa Jadi si Kecil Dehidrasi, Lakukan Hal Ini

Orangtua sebaiknya jangan langsung panik saat mendapatkan anak demam ketika pulang bermain dari luar rumah.

Anak Demam Usai Bermain di Luar Rumah? Jangan Panik, Bisa Jadi si Kecil Dehidrasi, Lakukan Hal Ini
iStock/ matka_Wariatka
Ilustrasi anak demam 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Orangtua sebaiknya jangan langsung panik saat mendapatkan anak demam ketika pulang bermain dari luar rumah.

Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Anak RS Pondok Indah, dr. Chaterine M. Samboo menjelaskan demam tersebut bisa jadi karena anak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Sehingga disarankan berikan anak minum air putih terlebih dulu dibandingkan langsung mengompres anak karena tidak akan memberikan hasil yang efektif.

Bisa juga ditambahkan dengan memberikan anak makan agar kondisi tubuhnya kembali stabil.

Baca: Virus Misterius Sebabkan 4 Warga Jeneponto Sulsel Meninggal, Gejalanya Demam, Mengigau, Mual-mual

BERMAIN DI KOLAM-Sejumlah anak  sedang asyik bermain  di kolam  air mancur  di tengah  Jalan Tengku Umar, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(2/1/2019). Kurangnya  tempat bermain  membuat  anak remaja  mengisi liburannya dengan mandi  di kolam   berada  di jalan utama Menteng.-Warta Kota/henry lopulalan
BERMAIN DI KOLAM-Sejumlah anak sedang asyik bermain di kolam air mancur di tengah Jalan Tengku Umar, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(2/1/2019). Kurangnya tempat bermain membuat anak remaja mengisi liburannya dengan mandi di kolam berada di jalan utama Menteng.-Warta Kota/henry lopulalan (WARTA KOTA/henry lopulalan)

“Kalau anak pulang main seharian terus badannya panas, cek dulu dehidrasi apa enggak kasih banyak minum dulu,” ungkap dr. Catherine saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Baca: Agung Hercules Tak Bisa Dikemoterapi, Sempat Hilang, Tumor di Otaknya Muncul Lagi

Jika sudah diberikan minuman dan makan, tapi tubuh anak tetap panas bisa jadi anak terkena virus saat bermain di luar rumah. Biasanya terkena virus yang cepat tertular lewat udara seperti flu atau batuk.

Saat suhu tubuh anak tinggi, bantu redakan dengan kompresan air hangat, bukan air dingin, sehingga bisa membantu tubuh kembali ke suhu normal.

Ilustrasi anak minum susu
Ilustrasi anak minum susu (net)

Bisa juga ajak anak berendam di air hangat agar dan jangan rendam terlalu lama agar tidak terkena air dingin yang bisa menaikka demamnya lagi.

“Misal suhu 29 cemplungin ke air ke suhu air yang sedikit lebih panas dari tubuhnya, jangan biarkan terendam air dingin nanti demam lagi kan,” ungkap dr. Catherine.

Jika panas terus berlanjut, segera bawa anak ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan mendetail agar segera dilakukan penanganan.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved